logo
Bola Lainnya | Detail

5 Stadion Sepak Bola Indonesia Bergaya Eropa

Intan Rachmasari
Rabu, 03 Agustus 2022, 22:35 WIB
5 Stadion Sepak Bola Indonesia Bergaya Eropa
Tribun utara stadion JIS (Sportstars/Rifqi Herjoko).

JAKARTA - Stadion sepak bola Indonesia bergaya Eropa menjadi informasi yang cukup penting untuk dikulik. Karena dengan semakin berkembangnya infrastruktur olahraga di Indonesia berdampak pada banyak bermunculan stadion dengan gaya Eropa.

Banyak stadion tersohor di Eropa dengan fasilitas luar biasa yang tak jarang menjadi kiblat pembangunan stadion di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id telah merangkum 5 stadion bola Indonesia bergaya eropa. Berikut informasinya;

5 Stadion Sepak Bola Indonesia Bergaya Eropa

  1. Jakarta International Stadium 

JIS Stadium (Foto: IG Jakintstadium/@Muhlisabdi2019)

Jakarta International Stadium adalah salah satu stadion terbesar di utara Jakarta yang baru diresmikan pada tanggal 24/7/2022. Stadion ini dikenal dengan fasilitasnya yang luar biasa, teknik terbaru yang digunakan di JIS menggunakan sistem atap yang dapat ditarik dengan beberapa teknologi pendukung. 

Dengan kapasitas 82.000 penonton, JIS, disebut-sebut sebagai salah satu 'replika' stadion elit Eropa yang terletak di Jakarta. Dilengkapi dengan teknologi terbaru, Jakarta International Stadium (JIS) disebut setara dengan beberapa stadion di Eropa.

  1. Gelora Bung Karno

Olahraga di GBK

Gelora Bung Karno adalah stadion utama kebanggaan Indonesia sejak dahulu kala. Stadion ini adalah menjadi stadion termegah pertama yang dimiliki Indonesia. Menjadi saksi sejarah prestasi Indonesia di berbagai macam kejuaraan, GBK adalah salah satu stadion kenamaan Indonesia. 

Stadion ini memiliki kapasitas 88.083, dan menjadi stadion sepak bola asosiasi terbesar ke-7 di dunia. Saat ini, stadion ini merupakan stadion sepak bola asosiasi terbesar ke-28 di dunia dan stadion sepak bola asosiasi terbesar ke-8 di Asia.

  1. Stadion Batakan 

Stadion ini merupakan markas besar dari tim Persiba Balikpapan. Stadion ini memiliki nuansa stadion khas Inggris. Stadion ini merupakan stadion pertama yang tidak disertai trek lari dan pagar pembatas. Jarak tempat duduk penonton dengan lapangan tidak terlalu jauh, hal ini terlihat seperti stadion khas Liga Inggris. 

Dengan kapasitas 40.000 penonton, stadion ini menjadi salah satu dari stadion megah yang ada di Kalimantan setelah sebelumnya terdapat stadion  Stadion Palaran di Samarinda, dan Stadion Aji Imbut di Tenggarong.

  1. Stadion Kapten I Wayan Dipta 

Stadion Kapten I Wayan Dipta  (Foto: Hadi Febriansyah/MPI)

Lagi-lagi, Indonesia memiliki stadion dengan nuansa khas stadion Liga Inggris. Kali ini Stadionnya berlokasi di Gianyar, Bali. Stadion ini merupakan markas dari tim Serdadu Tridatu, Bali United. 

Stadion ini memiliki kapasitas penonton sebesar 18.000 orang dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Stadion ini dilengkapi dengan fasilitas seperti cafe, toko merchandise dan fasilitas arena bermain anak.

Stadion ini memiliki penataan yang mirip dengan kandang The Red Devils, Old Trafford. Hal ini tentu saja disebabkan pemilik tim Bali United, Pieter Tanuri adalah seorang fans MU.

  1. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya (Foto: Persebaya.id)

Stadion ini memiliki kapasitas hampir 50.000 penonton. Suasana riuh penonton pada stadion ini dikenal seperti keramaian Camp Nou, Stadion milik Barcelona FC. Stadion ini merupakan kandang dari tim asal Surabaya, Persebaya. 

Stadion besar ini dilengkapi dengan tribun tingkat, siap menampung ribuan penonton dalam setiap pertandingan.

Demikian informasi mengenai 5 stadion sepak bola Indonesia bergaya Eropa. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1638 seconds [13]