Liga Spanyol | Detail

5 Skandal Barcelona Paling Memalukan, Nomor 1 Libatkan Lionel Messi

Rifqi Herjoko
Sabtu, 18 September 2021, 12:00 WIB
5 Skandal Barcelona Paling Memalukan, Nomor 1 Libatkan Lionel Messi
Lionel Messi menyeka air matanya saat konferensi pers perpisahannya di Camp Nou, markas Barcelona, Minggu (8/8/2021) sore WIB (Foto: Reuters/Albert Gea)

PENURUNAN performa Barcelona tak lepas dari skandal yang menggerogoti mereka beberapa waktu terakhir. Kondisi itu membuat kebesaran klub Katalan itu tergerus.  

Efeknya, mulai jarang Blaugrana menjadi juara Liga Champions. Barcelona saat ini justru dipenuhi oleh kasus kontroversial setiap musimnya.

Lantas, skandal Barcelona apa yang paling parah dan terus diingat oleh publik sepak bola dunia? Simak ulasan sportstars.id berikut ini.

5. Transfer kontroversial Neymar dari Santos

Barcelona mengumumkan penandatanganan Neymar dari Santos pada musim panas 2013. Blaugrana mengklaim mereka membayar 57 juta euro (Rp953 miliar) untuk mengikat penyerang Brasil itu ke Camp Nou. Transfer itu dianggap sebagai salah satu tawaran besar di seluruh Eropa

Tidak lama setelah itu, beberapa detail aneh muncul. Ternyata Barcelona salah mengartikan biaya aktual yang dikeluarkan saat menandatangani Neymar dari Santos. Jordi Cases, seorang anggota klub pada saat itu, menuduh mantan presiden Barcelona Sandro Rosell menyalahgunakan dana sebesar 40 juta euro (Rp669 miliar) terkait dengan kesepakatan Neymar.

Dilansir dari Sportskeeda Sabtu (18/9/2021), penyelidikan pun dilakukan lebih dalam. Adapun hasilnya mengungkapkan, biaya transfer yang sebenarnya berada di kisaran 83 juta euro (Rp1,3 triliun). Kontroversi tersebut jelas menodai reputasi Barcelona secara serius.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3874 seconds [13]