logo
MotoGP | Detail

5 Sirkuit MotoGP Paling Mematikan di Dunia: Nomor 1 Sudah Merenggut Ratusan Nyawa

Intan Rachmasari
Sabtu, 12 November 2022, 03:12 WIB
5 Sirkuit MotoGP Paling Mematikan di Dunia: Nomor 1 Sudah Merenggut Ratusan Nyawa
Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) melaju di SIrkuit Ricardo Tormo, Cheste, Spanyol, pada MotoGP Valencia 2022 (Foto: Reuters/Pablo Morano)

JAKARTA - Sebanyak 5 sirkuit MotoGP paling mematikan di dunia menjadi informasi yang menarik untuk diulas.  Sebagai seorang pembalap profesional, rider MotoGP ini harus bisa menaklukan segala rintangan dan jenis sirkuit yang dihadapi. 

MotoGP menjadi salah satu jenis olahraga ekstrim, dimana para pelakunya akan mengadu kecepatan kendaraan bermotornya melintasi arena balap yang sudah disediakan. Para pembalap ini harus bisa beradaptasi dengan sirkuit yang akan dilintasi dan juga kendaraan yang akan digunakannya. 

Namun sejauh ini ada beberapa sirkuit MotoGP mematikan di dunia dan sudah meregang banyak nyawa pembalap. Berikut Sportstars.id akan mengulas 5 sirkuit MotoGP mematikan di dunia; 

Sirkuit MotoGP Paling Mematikan di Dunia

  1. Sirkuit Silverstone 

Sirkuit Silverstone (Sumber: Instagram)

Di urutan kelima ada sirkuit MotoGP paling mematikan di dunia yang cukup ekstrim dan sudah pernah memakan korban. Sirkuit ini bernama Silverstone di Inggris Raya dan sudah menggelar MotoGP dari tahun 1997 hingga 1986. 

Kemudian di tahun 2010 sampai 2017, dilanjut di tahun 2019 dan 2021. Tidak hanya dinilai sebagai sirkuit yang cukup sulit ditaklukkan para pembalap, ternyata sirkuit ini juga menyimpan beberapa kisah sedih. Akibat meninggalnya para pembalap di lokasi ini.

Nama pembalap seperti Patrick Pons, Malcolm White, Norman Brown dan Peter Huber, meregang nyawa pasca kecelakaan di sirkuit Silverstone. 

  1. Sirkuit Monza 

Sirkuit Monza (Sumber: Instagram)

Sirkuit yang dibangun pada tahun 1922 ini dianggap sebagai salah satu sirkuit tertua yang pernah ada di bumi dan dinilai sulit ditaklukan oleh para pembalap. Sejak pertama kali didirikan, sirkuit ini diperuntukkan untuk ajang Formula 1. 

Sejauh ini sirkuit Monza dinilai cukup mematikan. Dari berbagai insiden yang pernah terjadi, sirkuit ini sudah menewaskan sebanyak 52 pembalap dan 35 penonton. Setidaknya 4 dari total keseluruhan itu adalah pembalap MotoGP. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1697 seconds [13]