MotoGP | Detail

5 Rekor MotoGP yang Sulit Dipecahkan, 2 Milik Marc Marquez

Wikanto Arungbudoyo
Selasa, 11 Januari 2022, 12:14 WIB
5 Rekor MotoGP yang Sulit Dipecahkan, 2 Milik Marc Marquez
Marc Marquez tercatat sebagai juara dunia termuda di MotoGP (Foto: MotoGP)

BERAGAM rekor MotoGP telah tercatat sejak balapan dimulai pada 1949. Namun, ada beberapa rekor MotoGP yang sulit dipecahkan, setidaknya dalam waktu dekat. Dua dari lima rekor itu tercatat atas nama Marc Marquez

Perlu diakui, The Baby Alien adalah salah satu pembalap terbaik di MotoGP. Sejak naik kelas pada 2013, Marquez sulit dihentikan. Hanya cedera dan nasib sial saja yang mampu menghalanginya mencatat rekor demi rekor. 

Lantas, rekor MotoGP apa saja yang sulit dipecahkan? Berikut ulasan khas Sportstars.id, Selasa (11/1/2022). 

5. Start Terbanyak di MotoGP

Jumlah start terbanyak di kelas MotoGP tercatat atas nama Valentino Rossi. Legenda hidup MotoGP itu menorehkan catatan 372 kali start di kelas premier pada kurun 2000-2021. Angka tersebut dipastikan takkan bertambah seiring pensiunnya The Doctor

Namun, jumlah 372 start itu hampir pasti sulit dipecahkan oleh pembalap lain. Pembalap aktif yang paling mendekati adalah Aleix Espargaro dengan total 197 start. Sulit tampaknya bagi Espargaro untuk menyamai catatan tersebut. 

Valentino Rossi mempersembahkan empat gelar juara dunia MotoGP kepada Yamaha (Foto: MotoGP)
Valentino Rossi mempersembahkan empat gelar juara dunia MotoGP kepada Yamaha (Foto: MotoGP)

4. Kemenangan Terbanyak di MotoGP

Rekor kemenangan terbanyak di MotoGP lagi-lagi tercatat atas nama Valentino Rossi. Pembalap asal Italia itu menorehkan total 89 kemenangan sepanjang kariernya di kelas premier. Pembalap aktif terdekat dengan catatan tersebut adalah Marquez (59 kemenangan). 

Namun, jarak 40 kemenangan itu cukup jauh untuk lingkup MotoGP. Marquez perlu mendominasi lagi seperti apa yang dia lakukan sepanjang 2013-2019. Melihat kondisi terkini saja, tampaknya raihan itu cukup sulit disamai. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1159 seconds [13]