Hobi | Detail

5 Pose Yoga untuk Wanita, Mampu Kurangi Cemas Akibat Covid-19

Firda Rahmawan
Selasa, 15 Juni 2021, 16:55 WIB
5 Pose Yoga untuk Wanita, Mampu Kurangi Cemas Akibat Covid-19
Beberapa pose yoga bisa menurunkan kadar kecemasan. (Foto: Yogapedia)

GERAKAN yoga ampuh untuk mengatasi kecemasan di masa pandemi Covid-19 ini. Terutama buat wanita untuk mengendalikan gejolak emosinya di masa sulit ini. 

Ya, pandemi Covid-19 telah menghantui dunia lebih dari setahun lamanya. Situasi tersebut menyebabkan beberapa orang kehilangan sanak saudaranya yang meninggal karena terpapar virus asal Wuhan tersebut. Dan ada juga yang kehilangan mata pencahariannya, serta mengalami kecemasan berlebih tentang dampak dari virus tersebut.

Menurut Shreya Singh, fisioterapis dan spesialis kesehatan mental, wanita cenderung lebih rentan mengalami kecemasan ini.

"Karena, selain memikirkan dirinya sendiri, para wanita harus memikirkan juga tentang pekerjaan, mengasuh anak-anak, dan juga keluarganya," ujarnya dikutip dari Pinkvilla, Selasa (15/6/2021). 

Singh melanjutkan, berada di rumah saat pandemi seperti ini, menjadikan wanita lebih mudah mengalami kecemasan yang berlebih. Sebab, tugas yang harus dilakukan di rumah menjadi berlipat ganda, mulai dari mengurus anak, melakukan tugas rumah tangga lainnya, dan tetap juga berbagi fokus dengan tugas kantor. 

Tekanan yang didapat menjadikan wanita lebih sering mengalami kelelahan, cemas, stres, paranoid, depresi, jengkel, frustasi, bahkan kesepian. Situasi baru seperti ini diyakinkan dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental bagi wanita. Bahkan mereka bisa merasakan kebosanan saat menjalankan karantina dirumah.

Bagaimana yoga bisa mengatasi keluhan tersebut?

Yoga dipercaya mampu membuat keseimbangan antara pikiran dan tubuh. Terdapat pose yoga tertentu yang akan mengurangi kecemasan dan bisa terbebas dari stres.

Selain itu, gerakan ini juga bisa menjaga kesehatan mental kita. Berikut rangkaian gerakan yoga yang bisa mengurangi kecemasan terhadap efek Covid-19 menurut Dr Shreya Singh, konsultan fisioterapis dan spesialis kesehatan mental, rumah sakit ibu Khargar, India.

1. Bridge Pose

Bridge Pose. (Foto: Yoga Journal)

Pose yang bisa disebut 'bandhasana' ini dinyatakan mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Pose ini juga membuka bagian tulang depan dan tulang belakang jantung Anda. Selanjutnya, pose ini juga akan menenangkan pikiran, mengurangi kecemasan dan stres.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 1.0373 seconds [12]