logo
Sportainment | Detail

5 Perempuan Bakal Calon Anggota Exco PSSI, Siapa Paling Difavoritkan?

Ilham Sigit Pratama
Selasa, 17 Januari 2023, 13:53 WIB
5 Perempuan Bakal Calon Anggota Exco PSSI, Siapa Paling Difavoritkan?
Maya Damayanti sempat menjadi Manajer PSCS Cilacap (Foto: Instagram/@queenofsands)

JAKARTA - Bakal calon anggota Komite Ekskutif PSSI (Exco PSSI) resmi dirilis. Mayoritas nama dalam daftar tersebut adalah laki-laki, namun terdapat perempuan yang ikut mencalonkan atau dicalonkan sebagai anggota Exco PSSI periode 2023-2027.

Pengaruh kaum perempuan dalam sepak bola Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Sebelumnya, Ratu Tisha Destria tercatat sebagai Sekretaris Jenderal PSSI (Sekjen PSSI) wanita pertama dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Mengikuti jejak Ratu Tisha, beberapa perempuan lain juga ikut meramaikan kancah sepak bola nasional. Selain Ratu Tisha, terdapat nama Maaike Ira Puspita yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PSSI (Wasekjen PSSI).

Kini, perempuan-perempuan lain akan ikut meramaikan bursa pencalonan Exco PSSI selanjutnya. Berikut ini adalah lima perempuan yang meramaikan bursa pencalonan Exco PSSI periode 2023-2027.

5. Ganis Pratiwi Rumpoko

Ganis Pratiwi Rumpoko tengah menjabat sebagai Ketua Askot PSSI Kota Batu (Foto: Instagram/@ganisrumpoko)
Ganis Pratiwi Rumpoko tengah menjabat sebagai Ketua Askot PSSI Kota Batu (Foto: Instagram/@ganisrumpoko)

Ganis Pratiwi Rumpoko merupakan wajah baru yang akan meramaikan sepak bola Indonesia. Dirinya baru saja terlilih sebagai Ketua Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Batu, Jawa Timur periode 2022-2026.

Pelantikannya dilakukan pada Desember 2022 silam. Hal itu membuat Ganis tercatat sejarah sebagai Ketua Askot wanita pertama di Jawa Timur.

Selain itu, Ganis juga merupakan pemilik Sekolah Sepak Bola (SSB) Batu Football Academy. Oleh sebab itu, jika terpilih, pemahamannya soal olahraga kulit bundar diharapkan mampu membantu Ganis mengemban amanah pencinta sepak bola tanah air.

4. Vivin Cahyani

Vivin Cahyani Sungkono menjabat sebagai Exco PSSI pada periode 2019-2023 (Foto: Instagram/@vie_sungkono)
Vivin Cahyani Sungkono menjabat sebagai Exco PSSI pada periode 2019-2023 (Foto: Instagram/@vie_sungkono)

Berbeda dengan Ganis yang merupakan anak baru, nama Vivin Cahyani tidak asing bagi pencinta sepak bola tanah air. Sebab saat ini, Vivin masih menjabat sebagai anggota Exco PSSI periode 2019-2023.

Menariknya, di masa muda, Vivin merupakan atlet bola basket. Wanita kelahiran Surabaya itu pernah berlaga di berbagai event seperti Pekan Olahraga Nasional (PON), Kejuaraan ABC Junior di Beijing, SEA Games, World Islamic Country Championship di Teheran hingga Kejuaraan Antar Mahasiswa di Melbourne.

Vivin kemudian meninggalkan profesinya sebagai atlet basket, dan menjadi guru di sekolah dasar. Sempat mendirikan SD Kasih Karunia, karier Vivin kemudian menanjak sebagai pengusaha di berbagai bidang, dari mulai penjualan material baja, alat olahraga dan lain sebagainya.

Berbekal pengetahuannya di bidang olahraga, Vivin terpilih sebagai Exco PSSI di bawah komando Mochamad Iriawan. Kini, Vivin mencalonkan lagi menjadi bakal calon Exco PSSI.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1848 seconds [12]