logo
Hobi | Detail

5 Perbedaan Permainan Kasti dan Rounders, Keduanya Hampir Serupa!

Tim Sportstars
Rabu, 14 September 2022, 18:56 WIB
5 Perbedaan Permainan Kasti dan Rounders, Keduanya Hampir Serupa!
Atlet Inggris saat berlatih di dalam bentuk lapangan permainan rounders. (Foto: @RoundersEngland)

JAKARTA  - Perbedaan permainan kasti dan rounders pastinya masih belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang. Sebab, kemiripan antara kedua permainan tersebut sangat tipis, bahkan cenderung persis.

Salah satu perbedaannya terletak pada negara asal kedua permainan ini. Permainan kasti diciptakan di Chicago, Amerika Serikat oleh George Hancock. Sedangkan permainan rounders berasal dari Inggris dan terpopuler di Indonesia sejak 1950 silam.

Perbedaan Permainan Kasti dan Rounders

  1. Alat Pemukul (Bet)

Sebuah tongkat yang digunakan pada permainan kasti adalah berbahan kayu atau logam halus dengan berdiameter tidak lebih dari 7 cm dan panjangnya tidak lebih dari 42 inch.
Sementara itu, pada permainan rounders menggunakan tongkat yang berukuran lebih pendek dari kasti, yaitu sekitar 18 inci. Tongkatnya lebih mirip seperti pentungan yang dapat diayunkan dengan satu tangan saja.

  1. Bola

Bola yang digunakan pada permainan kasti memiliki bagian tengah karet atau gabus yang dibungkus dengan benang. Lalu kemudian ditutup dengan dua strip kulit kuda putih atau kulit sapi yang dijahit menjadi satu.

Ukuran bola kasti memiliki diameter antara 229 hingga 235 mm dengan berat 142-149 gram. Hampir mirip seperti kasti, bola yang digunakan pada permainan rounders memiliki ukuran yang lebih kecil dari softball, yaitu 12 inci. Yang mana lebih mirip seperti bola kasti.

Peraturan permainan bola kasti bisa dikatkan hampir mirip dengan permainan tradisional asal Inggris rounders. (Foto: Englandrounders)

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1680 seconds [13]