logo
Netting | Detail

Pahami 5 Perbedaan Bola Voli dan Bola Basket

Intan Rachmasari
Kamis, 22 September 2022, 00:07 WIB
Pahami 5 Perbedaan Bola Voli dan Bola Basket
Permainan Bola Basket. (Foto: Freepik).

JAKARTA - Terdapat 5 perbedaan bola voli dan bola basket yang menjadi informasi yang akan dibahas dalam artikel ini. Jenis olahraga bola besar ini memang cukup populer di Indonesia, tak jarang keduanya masuk dalam cabang olahraga yang diperlombakan. 

Dua olahraga ini memang memanfaatkan bola sebagai sarana untuk mendulang skor, dan dilakukan secara beregu. Kedua olahraga ini juga memiliki strategi khusus dalam permainanya untuk menggiring bola sesuai dengan tujuannya. 

Dibalik persamaannya ini, ternyata bola voli dan bola basket memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lantas apa saja perbedaan keduanya?

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas perbedaan bola voli dan bola basket. Berikut informasinya;

Rivan Nurmulki atlet voli Indonesia (Sumber: Instagram)

Perbedaan Bola Voli dan Bola Basket

Berikut 5 perbedaan bola voli dan bola basket :

  1. Model Permainan 

Bola Basket mengharuskan pemainnya untuk memasukan bola ke dalam ring sebanyak banyaknya untuk mencetak poin dengan cara mendrible bola. 

Sedangkan bola Voli bola harus bisa melewati net dengan tujuan untuk dijatuhkan ke daerah pertahanan lawan dengan cara mengoper bola antar pemain dengan cara dilambungkan. 

  1. Jumlah Pemain 

Strategi bertahan dalam bermain basket (Sumber: Instagram)

Permainan bola basket dimainkan oleh dua regu, dan masing masing regu berisikan 5 orang pemain. Sama seperti bola basket, permainan bola voli juga dilakukan secara beregu tapi jumlah pemainnya adalah 6 orang. 

  1. Ukuran Bola 

Bola basket menggunakan bola dengan ukuran maksimal 780 mm dan keliling minimal 749 mm dan berat bola mencapai 650 gram dan minimal 567 gram.

Sedangkan permainan bola voli menggunakan bola dengan ukuran  65-67 sentimeter. Serta memiliki berat 200-280 gram dan tekanan 294,3 - 318,82 hpa. 

  1. Waktu Permainan 

Bola Basket memiliki 2 variasi waktu permainan berdasarkan Federasinya. Menurut FIBA  4 x 10 menit, sedangkan menurut NBA adalah  4 x 12 menit. Sedangkan waktu permainan bola voli 4 X 10 menit.

  1. Ukuran Lapangan 

Lapangan basket memiliki 2 variasi ukuran berdasarkan Federasinya. Menurut FIBA memiliki ukuran panjang lapangan 28 meter x 15 meter.

Sedangkan NBA memiliki ukuran panjang lapangan 28,65 meter x 15.24 meter. Lapangan bola voli memiliki ukuran 18 x 9 meter dengan panjang garis serang 3 meter.

Demikian informasi mengenai 5 perbedaan bola voli dan bola basket. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1640 seconds [12]