Ragam Lainnya | Detail

5 Peralatan yang Digunakan dalam Senam Lantai

Johana Joy Artamira
Sabtu, 28 Mei 2022, 01:15 WIB
5 Peralatan yang Digunakan dalam Senam Lantai
Senam Lantai bisa dilakukan dengan atau tanpa alat (Foto: Reuters)

JAKARTASenam lantai merupakan salah satu jenis senam yang digemari oleh sebagian orang. Lantaran, olahraga ini memiliki manfaat – manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaatnya seperti dapat membakar lemak, menjaga keseimbangan, menyehatkan jantung, dan melatih fokus.

Dalam praktiknya, senam lantai ini bisa dilakukan dengan alat maupun tanpa alat. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa peralatan yang digunakan dalam senam lantai.

Peralatan yang Digunakan dalam Senam Lantai

1 Lantai

Sesuai dengan namanya, senam lantai tentu membutuhkan alat yang utama yaitu lantai. Lantai yang digunakan untuk senam lantai memiliki ukuran yakni 12 meter x 12 meter. Perlu diketahui juga bahwa lantai sebaiknya dalam keadaan halus dan tidak licin supaya tidak terjadi cedera.

2 Kuda – Kuda Pelana

Alat selanjutnya ada kuda – kuda pelana. Alat ini berfungsi untuk melatih lompatan. Bentuk dari alat ini menyerupai seperti dudukan yang berada di punggung kuda.

3 Palang Tunggal

Berikutnya adalah palang tunggal. Alat ini digunakan untuk menunjang berbagai gerakan yang menantang. Ketinggian dari palang tunggal ini disesuaikan dengan gerakan yang dilakukan.

4 Gelang – Gelang

Gelang – gelang juga dibutuhkan dalam senam lantai. Alat ini tingginya adalah 2,8 meter – 3 meter dengan diameter 13 cm. Gelang – gelang akan dihubungkan dengan dua tali sehingga pesenam dapat bergantung pada alat ini. Nah, jarak antar gelang adalah 50 cm.

5 Matras

Alat ini juga tidak kalah penting dalam melaksanakan senam lantai. Matras akan berfungsi sebagai alas supaya dapat terhindar dari cedera.

Berikut tadi adalah informasi mengenai peralatan yang digunakan dalam senam lantai. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1539 seconds [12]