Bola Lainnya | Detail

5 Pemilik Klub Terkaya di Dunia Alami Perubahan, Bos Baru Newcastle United Tempati Posisi Teratas

Rifqi Herjoko
Jum'at, 08 Oktober 2021, 06:14 WIB
5 Pemilik Klub Terkaya di Dunia Alami Perubahan, Bos Baru Newcastle United Tempati Posisi Teratas
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) selangkah lagi menjadi bos baru Newcastle United. (Foto: REUTERS)

DAFTAR pemilik klub sepak bola terkaya di dunia saat ini mengalami perubahan. Hal itu terjadi usai klub Liga Inggris, Newcastle United, resmi diakuisisi oleh Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Klub tersebut pun digadang-gadang menjadi klub sultan baru yang siap bersaing di papan atas Liga Inggris.

Proses akuisisi tersebut dilakukan oleh perusahaan konsorsium sang pangeran, Public Investment Fund (PIF). PIF pun harus menggelontorkan uang sebesar 300 juta poundsterling (Rp5,8 triliun) untuk menyelesaikan akuisisi. Mohammed bin Salman diketahui sebagai salah satu konglomerat dunia. Oleh karena itu, Newcastle diyakini akan menjadi klub terkaya usai akuisisi tersebut.

Pecinta sepak bola tentu bertanya-tanya tentang seberapa tajirnya pemilik klub tersebut dibandingkan nama konglomerat lain kerap terdengar di dunia sepak bola, seperti Nasser al Khelaifi (Paris Saint Germain) dan Sheikh Mansour (Manchester City).

Lantas, siapa saja pemilik klub sepak bola terkaya dunia saat ini? Simak ulasan sportstars.id berikut ini.

5. Roman Abramovich – Chelsea (Rp185 triliun)

Bos Chelsea Roman Abramovich memberikan ucapan kepada Thomas Tuchel/Reuters

Dilansir dari The Sun Kamis (7/10/2021), pengusaha asal Rusia itu resmi mengakuisisi Chelsea pada tahun 2003. Abramovich mengubah klub London Barat itu sebagai pesaing juara yang konsisten di Liga Inggris.

Abramovich memperoleh kekayaannya pada periode 1990-an melalui perdagangan kayu dan produk makanan. Akan tetapi, bisnis terbesarnya merupakan petrokimia dan minyak. Dia memiliki kekayaan sebesar 9,6 miliar poundsterling (Rp185 triliun).

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2595 seconds [12]