MotoGP | Detail

5 Pembalap Terbaik yang Tak Pernah Juara MotoGP, Nomor 1 Musuh Berat Valentino Rossi

Tim Sportstars
Jum'at, 19 November 2021, 20:45 WIB
5 Pembalap Terbaik yang Tak Pernah Juara MotoGP, Nomor 1 Musuh Berat Valentino Rossi
Dani Pedrosa dan Valentino Rossi (Foto: Reuters)

DALAM sejarah bergulirnya ajang MotoGP, terdapat sejumlah pembalap terbaik yang sama sekali belum pernah merasakan gelar juara dunia. Jauh sebelum memulai kariernya dalam kasta tertinggi balap motor 500 cc, sejumlah pembalap ini cukup mendominasi pada kelas125 cc dan 250 cc. Bahkan ketika bersaing pada ajang MotoGP, mereka kerap kali meraih banyak kemenangan dan beberapa kali naik podium.

Kendati demikian, berbagai rekor juara dan kemenangan yang diraih lima pembalam ini tidak menjamin nama mereka masuk dalam daftar Juara MotoGP. Banyak alasan mengapa kelima pembalap ini selalu gagal. Mulai dari kerasnya persaingan, kondisi fisik, hingga faktor keberuntungan.

Tanpa berlama-lama lagu, berikut Sportstars.id hadirkan lima pembalap terbaik yang belum pernah menjuarai MotoGP.

5. Dani Pedrosa

Dani Pedrosa Kini Punya Keinginan Betarung Lagi di Lintasan MotoGP (Foto: Twitter Pedrosa)
Dani Pedrosa Kini Punya Keinginan Betarung Lagi di Lintasan MotoGP (Foto: Twitter Pedrosa)

Dani Pedrosa termasuk dalam pembalap yang memiliki karier cemerlang dalam MotoGP. Pembalap bertubuh mungil ini sempat meraih satu gelar juara dunia kelas 125 cc dan dua gelar kelas 250 cc. Tapi pencapaian itu tak berbuah manis pada kelas 500 cc atau MotoGP.

Sejak 2006, The Little Samurai sudah memulai karier pada ajang MotoGP dengan berseragam Honda. Pencapaian terbaiknya sejauh ini yaitu menempati posisi runner up pada perolehan klasemen di tiga tahun yang berbeda, 2007, 2010 dan 2012.

Seolah kurang hoki, pada tahun 2012, Pedrosa hanya selisih 18 poin dengan pembalap senegara, Jorge Lorenzo yang keluar sebagai juara dunia. Terhitung hingga saat ini, Dani Pedrosa telah mencatatkan 26 kemenangan, 92 podium dan 27 pole position pada ajang MotoGP.

4. Sete Gibernau

Sete Gibernau. (Foto: Istimewa)
Sete Gibernau. (Foto: Istimewa)

Sete Gibernau melakukan debutnya di ajang MotoGP pada tahun 1997 dengan menggandeng pabrikan Honda. Namun untuk merasakan kemenangan pertama, pembalap berusia 48 tersebut harus menunggu hingga beberapa musim, tepatnya pada tahun 2001.

Kemenangan pertama dalam karier Gibernau tak membuat banyak perbedaan, mengingat saingannya saat itu Valentino Rossi. Dua musim setelahnya, pembalap asal Spanyol tersebut pun harus mengakui kehebatan The Doctor dengan hanya bertengger di posisi runner up klasemen berturut-turut pada tahun 2003 dan 2004. Selama mentas dalam ajang MotoGP, dirinya mencatatkan sembilan kemenangan, 30 podium dan 13 pole position.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3586 seconds [12]