logo
Tim Nasional | Detail

5 Pemain Timnas Indonesia U-19 Terancam Dicoret Tak Dibawa TC ke Turki dan Spanyol, Ada Ronaldo Kwateh

Basudiwa Supraja
Kamis, 22 September 2022, 13:31 WIB
5 Pemain Timnas Indonesia U-19 Terancam Dicoret Tak Dibawa TC ke Turki dan Spanyol, Ada Ronaldo Kwateh
Ronaldo Kwateh dinilai tampil mengecewakan di laga Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 (Foto: PSSI)

KEBERHASILAN Timnas Indonesia U-19 lolos ke Piala Asia U-20 2023 membawa angin segar. Mereka kemudian direncanakan terbang ke Turki dan Spanyol untuk menjalani pemusatan latihan (TC) sebelum tampil di Piala Asia U-20 Maret 2023 mendatang.

Namun tampaknya tidak semua pemain Timnas Indonesia U-19 alumni Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dapat jaminan akan dibawa oleh Shin Tae-yong

Setidaknya ada lima pemain dari 23 nama yang terancam dicoret dan tidak dibawa TC ke luar negeri tersebut. STY sudah membuktikan bahwa dia tak peduli pemain tersebut sudah cukup dikenal atau tidak. 

Hal itu dibuktikan dengan pencoretan terhadap eks kapten tim Marcel Januar, Kadel Arel, serta jebolan Garuda Select seperti Edgard Amping, Rafli Asrul, dan Frezzy Al Hudaifi.

5. Rahmat Beri Santoso
Sosok Rahmat Beri Santoso merupakan striker yang telah diberi banyak kesempatan oleh Shin Tae-yong selama ajang tersebut. Tercatat dari tiga laga babak penyisihan grup F, pemain milik Barito Putera itu telah menjadi starter dua kali melawan Timor Leste dan Hong Kong.

Adapun pada laga terakhir melawan Vietnam, Rahmat baru diturunkan dari bangku cadangan di menit ke-77. Namun dari tiga performanya tersebut, striker kelahiran Jombang ini tidak mencetak gol satupun yang seharusnya sudah menjadi tugas Rahmat. Catatan itu tampaknya akan menjadi pertimbangan Shin Tae-yong nantinya. 

4. Dia Syayid Alhawari
Pemain muda dari Persija kali ini juga masuk dalam daftar pemain yang terancam tak diberangkatkan ke Turki dan Spanyol. Hal itu juga tidak lepas dari performanya di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Dia Syayid hanya satu kali mendapat kesempatan bermain penuh oleh Shin Tae-yong saat berhadapan melawan Hong Kong. Namun tampaknya penampilannya kala itu masih belum bisa mencuri hati sang pelatih. 

Hal itu terbukti pada laga terakhir melawan Vietnam, Dia Syayid hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

3. Achmad Maulana Syarif
Satu lagi pemain muda dari Persija yang bernasib sama. Achmad Maulana Syarif juga hanya sekali bermain penuh bersama Timnas Indonesia U-19 saat berhadapan melawan Hong Kong.

Achmad Maulana bermain tidak sampai lima menit saat bentrok dengan Vietnam di partai akhir penyisihan grup F. Perannya sebagai gelandang ternyata masih kalah impresif dari Arkhan Fikri maupun Zanadin Faris. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1821 seconds [12]