Tim Nasional | Detail

5 Pemain Tersubur Liga 1 Berdarah Indonesia, Layak Dicoba Shin Tae-yong

Furqon Al Fauzi
Rabu, 12 Januari 2022, 19:00 WIB
5 Pemain Tersubur Liga 1 Berdarah Indonesia, Layak Dicoba Shin Tae-yong
Yohanes Pahabol (Foto: Instagram Persipura)

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui bahwa salah satu kesulitannya adalah mencari striker haus gol yang sesuai dengan karakter taktik yang dimainkannya. Sejauh ini deretan striker yang dia bawa pada pagelaran Piala AFF 2020 lalu tak memenuhi ekspektasinya. 

Praktis hanya Ezra Walian yang mencetak satu gol pada Piala AFF 2020 lalu. Sementara tiga striker lainnya yakni Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan, dan Hanis Saghara Putra tak mencetak satu gol pun. 

Hal ini membuat Shin Tae-yong akan mencari penyerang berdarah Indonesia yang memiliki naluri predator di dalam kotak penalti. Berikut lima pemain berdarah Indonesia tersubur Liga 1 2021-2022 yang bisa jadi opsi untuk posisi striker di Timnas Indonesia versi Sporstars.id:

5. Samsul Arif (Persebaya Surabaya) - 6 Gol

Selebrasi Samsul Arif Munip (Istimewa)


Nama striker senior Persebaya Surabaya Samsul Arif saat ini tengah menjadi buah bibir. Pasalnya, striker yang mendapat julukan Alessandro Del Piero tersebut sukses mencetak 4 gol dalam dua laga terakhirnya di Liga 1.

Padahal sepanjang putaran pertama, striker asli Bojonegoro tersebut hanya menjadi pilihan kedua pelatih Aji Santoso. Namun striker gaek berusia 36 tahun tersebut membuktikan dirinya belum habis.

Bahkan, kembali memperkuat Timnas Indonesia bukanlah sesuatu yang tidak mungkin bagi Samsul Arif. Samsul Arif sendiri sudah memiliki 17 caps dengan mencetak dua gol untuk Timnas Indonesia. 

Samsul Arif berjanji bahwa ia akan meningkatkan kualitasnya terlebih dahulu terutama dalam mencetak gol untuk memikat perhatian Shin Tae-yong.

4. Yohanes Ferinando Pahabol (Persipura Jayapura) - 6 Gol

Yohanes Pahabol (Foto: Instagram Persipura)


Persipura Jayapura boleh tenggelam pada putaran pertama Liga 1 2021-2022. Namun tidak dengan Yohanes Ferinando Pahabol. Sejauh ini, winger Persipura tersebut menjadi salah satu pemain berdarah Indonesia tersubur di Liga 1.

Torehan gol Pahabol sama dengan yang dikoleksi oleh Samsul Arif. Sebagai pemain yang berposisi sebagai gelandang atau winger, produktivitas Pahabol cukup menjanjikan. Dia bisa juga menjadi solusi kebuntuan barisan depan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong

3. Irfan Jaya (PSS/Bali United) - 6 Gol

Irfan Jaya menyumbang delapan gol dan empat assist untuk PSS Sleman (Foto: Instagram/@irfanjayaij41)


Irfan Jaya bisa dibilang sebagai salah satu pemain yang sangat dikenali oleh Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) tersebut kerap memanggil pemain yang kini membela Bali United tersebut di beberapa ajang yang diikuti Timnas Indonesia.

Ketajaman Irfan Jaya juga sudah terbukti di Piala AFF 2020. Pria asal Bantaeng, Sulawesi tersebut menjadi pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 dengan tiga gol.

Torehan gol Irfan Jaya hanya terpaut satu gol dari topskor Piala AFF 2020 yakni Bienvenido Maranon (Filipina), Teerasil Dangda, Chanatip Songkrasin (Thailand), dan Safawi Rasid (Malaysia). 

Irfan Jaya kemungkinan juga masih akan jadi pilihan utama Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia menjalani laga FIFA Matchday akhir Januari mendatang.

2. Dimas Drajad (Tira Persikabo) - 5 Gol

Dimas Drajad (Foto: Instagram Dimas Drajad)


Striker Tira-Persikabo, Dimas Drajad, menjadi salah satu nama penyerang lokal yang bisa menjadi opsi bagi Shin Tae-yong untuk memperbaiki sektor lini serang Timnas Indonesia.

Striker berusia 24 tahun itu menjadi salah satu penyerang lokal yang cukup produktif dibandingkan dengan striker lainnya. Sejauh ini, dari total 16 penampilannya, alumni Timnas Indonesia U-19 SAD Uruguay itu telah menjaringkan lima gol ke gawang lawan di kompetisi Liga 1 2021-2022.

Karakter striker petarung yang disukai oleh Shin Tae-yong sejatinya sesuai dengan Dimas Drajad. Selain itu, sang striker juga bisa dimainkan di beberapa posisi di lini depan seperti striker tengah dan penyerang sayap. 

1. Irsyad Maulana (Persita Tangerang) - 5 Gol

Irsyad Maulana (Foto: PT LIB)


Nama Irsyad Maulana memang terdengar asing di telinga pecinta Timnas Indonesia. Namun musim ini nama Irsyad Maulana cukup menghentak sepak bola nasional. Pemain serba bisa Persita Tangerang tersebut cukup produkif sebagai striker lokal di Liga 1 2021-2022. 

Bahkan pemain yang sempat membela sejumlah tim besar seperti Arema, Persija, dan PSM Makassar tersebut kerap mencetak gol indah musim ini. Fleksibilitas, kerja keras, shooting akurat dan efektivitas Irsyad Maulana dalam menuntaskan peluang bisa menjadi nilai lebih di mata Shin Tae-yong. 

Dengan umur dan pengalamannya di usia matang sebagai pesepak bola(28 tahun, Irsyad Maulana bisa jadi solusi mampetnya keran gol Timnas Indonesia dari seorang striker.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1220 seconds [13]