Liga Inggris | Detail

5 Pemain Mahal Chelsea Sebelum Era Roman Abramovich, Satu Jadi Legenda Klub

Furqon Al Fauzi
Rabu, 13 Oktober 2021, 08:34 WIB
5 Pemain Mahal Chelsea Sebelum Era Roman Abramovich, Satu Jadi Legenda Klub
Bintang Chelsea sebelum Era Abramovich (Infografis: Sportstars.id/David)

SEJAK dibeli oleh pengusaha asal Rusia Roman Abramovich pada 2003 silam, Chelsea menjelma jadi salah satu klub kaya raya di Liga Primer Inggris. Sejumlah rekor pembelian pemain termahal dilakukan The Blues-julukan Chelsea.

Investasi pemain yang dilakukan Chelsea setidaknya berhasil mematahkan duopoli Arsenal dan Manchester United dalam meraih gelar juara Liga Inggris pada tahun 2005. Sejak itu, Chelsea terus menjadi salah satu tim yang sangat aktif belanja pemain mahal di bursa transfer dengan merekrut banyak pemain top. 

Para pemain ini tersebut berhasil membantu Chelsea memenangkan banyak gelar domestik dan kontinental. Namun begitu, Chelsea juga pernah memiliki pemain mahal sebelum era Abramovich. Chelsea telah membuat beberapa penandatanganan mahal pada era 90-an yang membantu mendongkrak posisi mereka di klasemen Liga Inggris dan juga bersaing di Eropa.

Berikut rangkuman sportstars.id lima pembelian termahal yang dilakukan Chelsea sebelum era Roman Abramovich mengambilalih klub pada tahun 2003:

5. Jesper Gronkjaer - 10,67 juta Pounds

Mantan pemain Chelsea Jesper Gronkjaer (Foto: The Sun)


Jesper Gronkjaer sudah dianggap sebagai pahlawan oleh kalangan fan Chelsea. Pemain yang berposisi sayap itu pernah mencetak gol ke gawang Liverpool yang dikenal sebagai 'gol miliaran pound'. Gol tersebut mengamankan Chelsea di Liga Champions untuk menambah pundi-pundi pemasukan klub.

Di luar gol tersebut, performa pemain Denmark itu di Stamford Bridge tidak terlalu bagus. Tiba dari Ajax Amsterdam pada 2001, Gronkjaer begitu diharapkan mendongkrak Chelsea kala itu. Namun, dalam 119 pertandingannya di Chelsea, ia hanya berhasil mencetak 11 gol dan 14 assist. Groknjaer menjadi pemain yang tidak konsisten saat itu. 

Setelah Abramovich membawa Jose Mourinho sebagai manajer, pelatih asal Portugal itu tidak lagi membutuhkan jasa sang pemain dan Gronkjaer kemudian dijual ke Birmingham dengan harga hanya 3 juta pounds.
Itu artinya, 10 juta pound yang dibayar Chelsea untuk Gronkjaer hanya sepadan dengan gol yang dicetaknya ke gawang Liverpool saja.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1506 seconds [13]