Tim Nasional | Detail

5 Pemain Keturunan yang Dikabarkan Tolak Timnas Indonesia

Saliki Dwi Saputra
Selasa, 16 November 2021, 07:00 WIB
5 Pemain Keturunan yang Dikabarkan Tolak Timnas Indonesia
Jayden Oosterwolde (Foto: Istimewa)

KISAH pemain keturunan yang membela Timnas Indonesia seolah menjadi bahan pembicaraan banyak pihak saat ini. Namun demikian ada pula lima pemain keturuan yang dikabarkan menolak bergabung dengan Timnas Indonesia.

Ada banyak faktor dan alasan mengapa kelima pemain keturunan ini menolak tawaran untuk berseragam Tim Garuda. Siapa saja mereka? Berikut ulasan lengkap dari Sportstars.id!

1. Emil Audero Mulyadi

Emil Audero Mulyadi (Foto: Twitter)
Emil Audero Mulyadi (Foto: Twitter)

Kiper Sampdoria ini lahir di Mataram, NTB, pada 18 Januari 1997. Ayahnya merupakan orang Indonesia bernama Edy Mulyadi, sedangkan ibunya bernama Antonela Audero. Emil Audero Mulyadi dikabarkan pernah tinggal di Indonesia selama setahun, sebelum akhirnya pindah ke Cumiana pada tahun 1998.

Memiliki peluang untuk gabung dengan Timnas Indonesia pada tahun 2016 nyatanya tidak membuat Emil tertarik. Dalam sebuah wawancara dengan media Italia, dia mengaku menolak panggilan Timnas Indonesia lantaran ingin fokus melanjutkan kariernya di Negeri Pizza.

Dilansir dari situs transfermarkt, pemain yang juga pernah menjadi kiper Juventus pada tahun 2016-2019 itu diketahui sudah gabung ke Timnas Italia sejak level U-15. Tapi dengan persaingan ketat di level senior membuatnya sulit menembus skuad utama Gli Azzurri.

2. Andri Syahputra

Andri Syahputra (Foto: Twitter)
Andri Syahputra (Foto: Twitter)

Nama Andri Syahputra pernah menjadi buah bibir saat dipanggil oleh Timnas Indonesia U-19 pada tahun 2017. Pemain keturunan Aceh itu diketahui menolak panggilan Timnas Lantaran karena alasan pendidikan.

Dua tahun kemudian panggilan serupa sempat terjadi pada level U-20, tapi Andri malah memutuskan bergabung dengan Timnas Qatar. Jebolan Aspire Academy ini diketahui membela tim Liga Qatar, Al-Gharafa.

3. Jayden Oosterwolde

Jayden Oosterwolde (Foto: Istimewa)
Jayden Oosterwolde (Foto: Istimewa)

Jayden Oosterwolde sempat masuk radar tim kepelatihan Timnas Indonesia U-19 oleh Shin Tae-yong. Dia tertarik memanggil Oosterwolde untuk diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2021, namun sang pemain memilih fokus untuk gabung dengan Timnas Belanda.

Tidak cuma Indonesia, Oosterwolde diketahui juga memiliki darah Suriname dalam keluarganya. Tapi pemain 19 tahun itu mengaku tidak tertarik untuk bergabung dengan kedua negara tersebut.

“Melalui agen saya, saya sudah mengatakan saat ini saya fokus untuk membela Timnas Belanda. Indonesia dan Suriname belum masuk pertimbangan saya. Saya selalu bermimpi untuk Timnas Belanda dan saya sedang mengejarnya,” kata Oosterwolde dilansir dari media Belanda, ELF Voetbol

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.4282 seconds [13]