Basket | Detail

5 Pemain Basket Legendaris Indonesia yang Wajib Dikenal

Wikku D. Nugroho
Senin, 23 Mei 2022, 15:01 WIB
5 Pemain Basket Legendaris Indonesia yang Wajib Dikenal
Fictor Roring salah satu legenda basket Indonesia yang kini jadi pelatih (Foto: Instagram Fictor Roring)

JAKARTA-Pemain basket legendaris Indonesia langsung jadi topik hangat. Telebih dengan prestasi timnas basket Indonesia di Sea Games 2021. Sejatinya bola basket merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia tidak terkecuali di Indonesia.

Seiring berkembangnya olahraga bola basket di Indonesia, tidak jarang terlahir para pemain bola basket yang memiliki skill mumpuni. Tak jarang saat memperkuat klub masing-masing mereka mampu membawa gelar juara.

Di level dunia mereka juga mampu mengharumkan nama Indonesia. Nama-nama mereka pun selalu diingat sebagai pemain bola basket legendaris Indonesia.

Kira-kira siapa saja nama-nama Pemain basket legendaris Indonesia? Berikut rangkumannya.

Inilah Daftar Pemain Basket Legendaris Indonesia

1. Denny Sumargo

Denny Sumargo mengawali karirnya sebagai atlet basket Indonesia. Di saat aktif bermain dia pernah memperkuat dan mampu merengkuh gelar juara IBL (Indonesia Basket League) bersama Aspac Jakarta dan Satria Muda.

Cedera engkel parah di tahun 2008 menjadi faktor Denny Sumargo pensiun dari basket. Setelah itu dia fokus di dunia hiburan seperti menjadi aktor, presenter dan model iklan.

2. Ali Budimansyah

Pecinta bola basket nasional di era 90-an pasti mengenal Ali Budimansyah. Tidak jarang dia meniru gerakan-gerakan khas Michael Jordan. Hal itu membuat dia dijuluki sebagai Budi Jordan.

Saat masih aktif bermain Ali Budimansyah pernah meraih juara IBL 3 tahun berturut-turut bersama Aspac Jakarta. Prestasi hebat itu membuat dia dipanggil ke timnas bola basket dan menjalani debut di Piala Asia FIBA 1993.

3. Bambang Hermansyah

Bambang Hermansyah merupakan kakak kandung dari Ali Budimansyah. Namanya menjadi sorotan bagi pecinta bola basket nasional tatkala dia bermain di Gabatama (Liga Basket Utama) di era 80an.

Bambang Hermansyah pernah memperkuat klub Indonesia Muda dan sukses mempersembahkan juara 2 musim berturut-turut di tahun 1980 dan 1981.

Dia juga pernah menjadi bagian timnas Indonesia di ajang SEA Games dalam beberapa edisi. Pasca pensiun diketahui ia juga menjadi pelatih timnas dan beberapa klub IBL. 

4. Fictor Gideon Roring

Sebelum menjadi pelatih tim Pelita Jaya saat ini, Fictor Gideon Roring pernah bermain sebagai pebasket nasional. Saat aktif deretan prestasi pernah ia torehkan bersama klub-klubnya, Pelita Jaya, Aspac dan Satria Muda.

Selain di klub Fictor Gideon Roring juga merengkuh prestasi diantaranya medali emas di SEABA  1996 dan medali perak di SEA Games 2001 bersama timnas bola basket Indonesia. 

Pasca pensiun sebagai pemain di tahun 2000, ia menjadi General Manager Pelita Jaya dan berhasil merengkuh piala IBL di tahun 2017.

5. Wijaya Saputra

Wijaya Saputra mulai dikenal ketika memperkuat beberapa tim IBL seperti CLS Knight Surabaya. Dia mulai berkarir dengan mengikuti Kompetisi Bola Basket Antar Kampus (LIBAMA) di periode 2005-2007.

Pria yang mengagumi Kobe Bryant ini memutuskan pensiun sebagai pebasket di tahun 2016. Kini ia kembali berkecimpung sebagai Direktur Olahraga klub Dewa United Surabaya.

Demikian informasi mengenai Pemain basket legendaris Indonesia. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan pembaca mengenai olahraga bola basket nasional.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1431 seconds [12]