logo
Netting | Detail

5 Pelatih Top Bulu Tangkis yang Sukses Sejak Jadi Pemain: Nomor 1 Cetak Sejarah di All England

Okta Novanto
Rabu, 21 September 2022, 17:32 WIB
5 Pelatih Top Bulu Tangkis yang Sukses Sejak Jadi Pemain: Nomor 1 Cetak Sejarah di All England
Rexy Mainaky menjadi salah satu pemain dan juga sebagai pelatih bulu tangkis terbaik dunia.

JAKARTA- Daftar 5 pelatih top bulu tangkis yang sukses sejak jadi pemain tentu menjadi sosok yang sangat disegani. Pasalnya mereka tidak hanya pandai soal teknik, tetapi juga mampu membuktikan keahlian di bidangnya lewat torehan prestasi.

Banyak pelatih bulu tangkis yang tidak mentereng saat menjadi atlet namun sukses saat melatih. Namun ada juga beberapa pelatih yang jaya baik saat menjadi pemain maupun saat sudah jadi pelatih.

Sosok-sosok tersebut sangat langka karena dapat menorehkan prestasi pada dua profesi dalam bidang yang sama.

Lalu siapa sajakah pelatih top bulu tangkis yang sukses sejak jadi pemain? Berikut informasinya telah Sportstars.id rangkum dari berbagai sumber;

Deretan Pelatih Top Bulu Tangkis yang Sukses Sejak Jadi Pemain

  1. Hendrawan

Hendrawan (Foto: Istimewa)

Hendrawan merupakan pebulu tangkis pengisi nomor tunggal putra yang jaya di era 1990-an. Saat itu, ia mampu menyabet medali perak Olimpiade Sydney 2000. Pemain kelahiran Malang ini turut membantu tim Merah Putri hattrick juara pada Piala Thomas 1998 hingga 2002.

Sosoknya akan selalu terkenang karena mampu Juara Dunia pada 2001 setelah melibas legenda Denmark, Peter Gade. Pada tahun 2003, Hendrawan memutuskan pensiun dan melanjutkan kariernya sebagai pelatih bulutangkis. Ia lalu hijrah ke Malaysia pada 2010 untuk membantu Negeri Jiran mengasah atlet-atletnya.

Prestasi dahsyatnya adalah sukses membimbing Lee Chong Wei menjadi salah satu raja tunggal putra dunia.

  1. Li Yongbo

Mantan pelatih kepala tim bulu tangkis China, Li Yongbo (Foto: Twitter)

Li Yongbo merupakan spesialis ganda putra bersama partnernya yang bernama Tian Bingyi. Li Yongbo mengukir sejarah dengan meraih Juara Dunia sebanyak dua kali dan menyabet gelar bergengsi lainnya seperti tiga gelar All England kemudian tiga Piala Thomas.

Pebulu tangkis dengan berderet gelar ini melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Dia tak berhenti menorehkan sejarah karena di bawah didikannya, Timnas China mampu menguasai bulu tangkis selama beberapa dekade.

Bahkan Li Yongbo memimpin Lin Dan dan lainnya menyapu bersih medali emas di Olimpiade London 2012.

  1. Rexy Mainaky

Rexy Mainaki. (Foto: PBSI)

Tak heran jika Rexy Mainaky menjadi salah satu atlet yang mengukuhkan dominasi Indonesia sebagai gudangnya ganda putra kelas dunia karena ia lahir dari keluarga atlet bulu tangkis.

Karier gemilangnya terjadi kala membawa pulang medali emas Olimpiade Atlanta 1996 bersama Ricky Subagja. Rexy/Ricky memenangkan lebih dari 30 turnamen internasional bersama, dan juara ajang prestisius Piala Dunia sebanyak tiga kali.

Rexy Mainaky kemudian melanjutkan kariernya sebagai pelatih, hebatnya ia pernah menukangi Inggris, Malaysia, dan kini tengah mengasah Thailand.

  1. Morten Frost

Julukannya saja sudah membuat siapapun takzim kepadanya, Mr. Badminton telah berhasil mengoleksi sederet gelar dari turnamen papan atas dunia. Ia nyaris melengkapi gelar turnamen besarnya dengan merengkuh medali perak Kejuaraan Dunia 1985 dan 1987 di sektor tunggal putra.

Tidak berhenti di situ, Morten Frost juara empat kali di turnamen All England dan dua kali di Kejuaraan Eropa. Dengan bekal kemampuannya yang di atas rata-rata, Ia memutuskan untuk lanjut sebagai pelatih tim nasional Denmark.

Morten Frost sukses mengantar banyak muridnya menjadi  juara di puluhan turnamen besar dunia, termasuk medali emas Olimpiade 1996 dan enam medali emas Kejuaraan Eropa. Kini dirinya juga melatih di Malaysia dan Afrika Selatan.

  1. Christian Hadinata

Legenda bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata (FOTO: PB Djarum).

Namanya tak mungkin asing bagi penggila bulu tangkis Tanah Air era 90an. Koleksi gelar Christian Hadinata sangat banyak dan sulit dihitung di sektor ganda putra dan ganda campuran.

Membersamai Ade Chandra di lapangan, ia menorehkan sejarah dengan menjadi pasangan ganda putra Indonesia pertama yang juara All England, tepatnya pada 1972.

Pada 1980, Christian Hadinata memutuskan jadi pelatih klub PB Djarum. Satu dekade kemudian, ia dipanggil ke pelatnas PBSI untuk membantu persiapan tim Indonesia menuju Olimpiade Barcelona.

Sederet nama besar yang telah Hadinata bina adalah Tony Gunawan, Candra Wijaya, Ricky Subagja, dan Rexy Mainaky.

Christian Hadinata dikenang sebagai legenda pencetak atlet ganda putra karena berkatnya Indonesia mendominasi sektor ganda putra di panggung internasional. Kini ia masih aktif di PBSI untuk mencetak pebulu tangkis kelas dunia.

Demikian informasi mengenai pelatih top bulu tangkis yang sukses sejak jadi pemain, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca semua.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1628 seconds [12]