Tim Nasional | Detail

5 Pelatih Timnas Bergaji Tertinggi di ASEAN, Nomor 1 Bukan Shin Tae-yong

Basudiwa Supraja
Kamis, 20 Januari 2022, 12:54 WIB
5 Pelatih Timnas Bergaji Tertinggi di ASEAN, Nomor 1 Bukan Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

GAJI para pelatih Timnas di Asia Tenggara (ASEAN) menyentuh angka yang fantastis. Beberapa negara bahkan nekat jorjoran menaikkan gaji tinggi untuk peran juru taktik di Timnas mereka.

Hal itu tidak lain tentu untuk meningkatkan kualitas para pemain nasional. Tidak sedikit pula negara ASEAN yang kini berani mematok target lolos Piala Dunia di masa mendatang.

Melansir dari berbagai sumber, terdapat lima pelatih Timnas di ASEAN yang memiliki gaji tertinggi selama lima tahun terakhir. Berikut pembahasannya: 

5. Park Hang-seo (Vietnam) - Rp718 Juta

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. (Foto: baogiaothong)

Pelatih Timnas Vietnam ini telah membawa perubahan signifikan buat negara tersebut. Terbukti dia berhasil membawa pulang Piala AFF kedua Vietnam pada edisi 2018.

Tak heran jika juru taktik asal Korea Selatan itu layak mendapatkan apresiasi. Diketahui gaji pria berusia 64 tahun itu sebesar 80 ribu dolar Amerika Serikat (Rp718 juta) per bulan. 

4. Alexandre Polking (Thailand) - Rp1,14 Miliar

Pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking (Foto: Screenshot)
Pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking (Foto: Screenshot)

Polking memang baru pertama kali menempa Timnas Thailand sebagai pelatih kepala. Namun pengalamannya di Thailand bersama klub domestik cukup banyak.

Pria keturunan Brasil-Jerman itu langsung memperkokoh status Thailand sebagai tim juara terbanyak Piala AFF usai meraih kampiun di edisi 2020. Berkat hal itu, kini gaji Polking ditaksir mencapai 80 ribu dolar AS (Rp1,14 miliar) per bulan. Diketahui gaji pria 45 tahun tersebut tiga kali lipat lebih besar dari kariernya di klub Vietnam, Hoi Chi Minh City, sebelum hengkang ke Timnas Thailand.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1247 seconds [12]