Tim Nasional | Detail

5 Pelatih Bertangan Dingin di Piala AFF 2020, Nomor 1 Pernah Kalahkan Shin Tae-yong

Saliki Dwi Saputra
Sabtu, 04 Desember 2021, 07:00 WIB
5 Pelatih Bertangan Dingin di Piala AFF 2020, Nomor 1 Pernah Kalahkan Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

PIALA AFF 2020 tinggal menghitung hari. Sejumlah tim tengah meracik formasi terbaik untuk bisa keluar sebagai tim terbaik di Asia Tenggara.

Tidak hanya soal pemain, gelaran dua tahunan ini selalu menyajikan sederet pelatih terbaik yang punya trek rekor apik dalam kariernya. Tak jarang tangan dingin dan taktik yang mereka terapkan berbuah hasil manis.

Timnas Indonesia sendiri kini resmi ditangani oleh Shin Tae-yong. Tidak main-main, pelatih asal Korea Selatan itu diberi mandat untuk membawa Evan Dimas dan kolega keluar sebagai juara di Piala AFF 2020

Target serupa tidak menjadi milik Shin Tae-yong seorang, selain dirinya setidaknya masih ada empat pelatih bertangan dingin yang siap membuktikan kualitas mereka di Piala AFF 2020. Berikut rangkuman dari Sportstars.id.

5. Shin Tae-yong (Indonesia)

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

Sebagaimana disinggung sebelumnya, Shin Tae-yong menjadi harapan baru Timnas Indonesia untuk bisa menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya dalam sejarah. Pemilihan pria 52 tahun itu bukan asal comot

STY pernah membawa Timnas Korea Selatan ke ajang Piala Dunia 2018. Kala itu secara mengejutkan timnya mampu lolos ke fase Grup F. Bahkan pria kelahiran Yeongsangbuk-do itu mampu mengalahkan Jerman dengan skor meyakinkan 2-0.

Perlahan tapi pasti pelatih berjuluk Fox of the Ground itu mulai membenahi permainan Timnas Indonesia. Para pemain yang diboyong ke Singapura untuk AFF 2020 pun mayoritas adalah pemain muda yang tampil cukup baik dalam kompetisi domestik dan luar negeri.

4. Ryu Hirose (Kamboja) 

Pelatih Kamboja, Ryu Hirose (Foto: ASEAN Football)
Pelatih Kamboja, Ryu Hirose (Foto: ASEAN Football)

Saat ini pelatih asal Jepang tersebut telah berusia 65 tahun. Dia dipercaya menangani Kamboja pada Maret 2021 untuk menggantikan Felix G Dalmas yang mengakhiri masa kontraknya. 

Meski tidak dipasang target tinggi, namun pengalaman Ryu dalam dunia kulit bundar tidak boleh dianggap enteng. Bersama Keisuke Honda sebagai General Manager Timnas Kamboja, Hirose piawai melatih pemain muda mulai dari Jepang, Korea Selatan, China, dan Thailand.

Pencapaian terbaiknya selama melatih Kamboja adalah berhasil menang dalam dua leg play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Kala itu Kamboja menang atas Guam dengan skor 2-1 di leg pertama dan 1-0 leg kedua. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1175 seconds [12]