logo
Netting | Detail

5 Pebulu Tangkis Kidal Terbaik Sepanjang Masa: Nomor 1 Raih Guinness World Record

Okta Novanto
Selasa, 20 September 2022, 12:50 WIB
5 Pebulu Tangkis Kidal Terbaik Sepanjang Masa: Nomor 1 Raih Guinness World Record
Tunggal putra Jepang, Kento Momota, yang sukses sebagai pemain kidal (Badminton Photo).

JAKARTA- Daftar 5 pebulu tangkis kidal terbaik sepanjang masa kerap muncul di televisi dengan aksinya yang menawan. Pebulu tangkis yang menggunakan tangan kiri sebagai senjata dominannya akan cenderung sulit ditebak arah pukulan shuttlecocknya.

Meski menjadi minoritas, justru atlet kidal dianggap sebagai keistimewaan. Banyak di antaranya yang berhasil mencetak sejarah. Bahkan ada yang mengukir rekor secara resmi dalam guinness world records yaitu Kento Momota.

Pebulu tangkis yang menjadi momok menyeramkan bagi lawannya di tahun 2019 ini berhasil membawa pulang 11 trofi ajang internasional dalam setahun. Selain Kento Momota juga ada legenda Tiongkok yang menjadi rival dari Taufik Hidayat yaitu Lin Dan. Power tangan kiri maestro satu ini memang tidak diragukan lagi.

Siapa sajakah pebulu tangkis kidal terbaik sepanjang masa? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Deretan Pebulu Tangkis Kidal Terbaik Sepanjang Masa

  1. Mathias Boe

Mathias Boe memutuskan gantung raket akibat pandemi Covid-19 (Foto: Instagram/@mathias.boe)

Mathias Boe merupakan atlet dunia dari Denmark yang mengisi nomor ganda putra. Bagi publik Denmark, ia adalah harapan besar untuk mengharumkan negaranya karena memiliki kemampuan kidal di atas rata-rata.

Membersamai Carsten Mogensen di atas lapangan, sosok Boe cukup diperhitungkan. Dia pernah menjuarai sejumlah Kejuaran Eropa dan Super Series. Boe juga sudah pernah dua kali keluar sebagai juara dari ajang bulu tangkis tertua dunia, All England.

  1. Flandy Limpele

Flandy Limpele (FOTO: REUTERS).

Sosok ini tentuk tak asing di telinga kalian, ia merupakan kebanggaan Indonesia pada masanya. Dia merupakan salah satu pemain yang punya penampilan sama bagusnya di dua sektor berbeda.

Flandy berjaya ketika dipasangkan dengan Vita Marissa di sektor ganda campuran. Sedangkan pada nomor ganda putra, dia juga punya prestasi gemilang dengan Eng Hian.

  1. Carolina Marin

Tunggal putri Spanyol, Carolina Marin (Foto: MPI/Andhika Khoirul Huda)

Carolina Marin tercatat sebagai salah satu pebulu tangkis putri terbaik dunia yang mengandalkan tangan kirinya sebagai algojo di lapangan. Peraih emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini menjadi perempuan satu-satunya dalam daftar. Marin sempat cedera tetapi saat ini sudah pulih dan kembali bertanding.

Khas dari bintang Spanyol ini yaitu smash kerasnya yang mampu membuat lawan bertekuk lutut.

  1. Lin Dan

Lin Dan (Foto: BWF)

Bagi telinga publik dunia tentu nama ini sudah tidak samar lagi. Legenda Tiongkok bernama Lin Dan menempati posisi kedua dalam daftar ini Super Dan menjadi salah satu atlet bulu tangkis tersukses di sektor tunggal putra. Pasalnya semua gelar sudah pernah didapat Lin Dan. 

Termasuk dua kali beruntun mendapat emas dalam ajang besar, Olimpiade. Lin Dan mengandalkan tangan kirinya untuk membuat musuh menyerah, bahkan karena kehebatannya ia didapuk sebagai pebulu tangkis kidal terbaik di dunia.

  1. Kento Momota

Kento Momota selalu berusaha memenangi pertandingan dua set langsung (Foto: Humas PP PBSI)

Kento Momota merupakan momok besar dalam dunia bulu tangkis. Wakil Jepang ini pernah kokoh bertahan di peringkat satu dunia sebelum akhirnya digeser oleh Sang “Alien” Viktor Axelsen.

Ledakan rekor yang pernah dicapainya yaitu 11 gelar dalam satu tahun turnamen pada 2019.Torehan tersebut mengalahkan legenda bulu tangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei.

Atas prestasi itulah pebulu tangkis kidal ini dinobatkan sebagai pengukir rekor gelar terbanyak dalam satu tahun oleh Guinness World Record.

Demikian informasi mengenai pebulu tangkis kidal terbaik sepanjang masa, semoga menambah wawasan bagi pembaca setia sportstars.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1665 seconds [13]