logo
Bola Lainnya | Detail

5 Negara Besar yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022: Nomor 1 Peringkat 7 FIFA

Okta Novanto
Rabu, 21 September 2022, 15:45 WIB
5 Negara Besar yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022: Nomor 1 Peringkat 7 FIFA
Striker Timnas Swedia Zlatan Ibrahimovic gagal membawa negaranya tampil di Piala Dunia 2022 (Foto: News18).

JAKARTA- Setidaknya ada 5 negara besar yang gagal lolos Piala Dunia 2022 tentu menjadi mimpi paling buruk pada tahun ini. Bagaimana tidak, mereka memiliki peringkat FIFA yang baik dan langganan berpartisipasi dalam ajang akbar ini tetapi edisi 2022 harus dipaksa tidak mengikutinya.

Piala Dunia 2022 memiliki kontestan yang sebelumnya harus lolos di tahap kualifikasi. Kabar mengejutkan hadir dari Timnas yang baru saja meraih juara EURO 2020 yaitu Italia.

Tim Azzuri harus mengakui kekuatan Swiss dan Makedonia Utara sehingga negara bertabur bintang ini terpaksa absen pada Piala Dunia 2022 mendatang.

Lalu dari mana saja 5 negara besar yang gagal lolos Piala Dunia 2022? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Daftar Negara Besar yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022

  1. Ukraina (Peringkat FIFA 27)

Pelatih Timnas Ukraina Andriy Shevchenko mematok kemenangan menghadapi Timnas Austria pada laga terakhir Grup C Piala Eropa 2020/Foto: Reuters

Tak heran jika negara ini gagal lolos karena sedang menghadapi masa sulit akibat invasi militer Rusia. Meski begitu. Ukraina tidak mudah disingkirkan begitu saja pada fase kualifikasi.

Ukraina kalah 0-1 oleh Wales pada final playoff Eropa. Hebatnya di babak playoff Piala Dunia setelah finis kedua di bawah Prancis pada fase grup babak kualifikasi.

  1. Peru (Peringkat FIFA 21)

Pemain Timnas Peru merayakan gol ke gawang Paraguay (Foto: Twitter/@CopaAmerica)

Peru harus menguburkan mimpinya untuk dapat berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar. sebenarnya masih ada harapan jika finis di posisi kelima Kualifikasi Zona Amerika Selatan atau Conmebol. 

Namun saat playoff, Peru kalah dari Australia dalam drama adu penalti yang dengan skor 4-5 di Stadion Ahmad bin Ali di Al-Rayyan, Qatar. Penjaga gawang bernama Andrew Redmayne menyelamatkan tendangan Alex Valera yang membuat Peru tersingkir.

  1. Swedia (Peringkat FIFA 20)

Norwegia Swedia

Swedia harus bertekuk lutut dan meratapi nasibnya karena tidak lolos kualifikasi Piala Dunia edisi kali ini. Padahal mereka lolos sampai ke perempat final pada Piala Dunia 2018.

Meski Swedia finis kedua di belakang Spanyol dalam grup kualifikasi. Namun sayangnya pada babak playoff melawan Polandia, Swedia harus menyerah dengan skor 2-0.

  1. Kolombia (Peringkat FIFA 17)

Argentina vs Kolombia

Kabar mengejutkan dari Kolombia padahal ia bernasib baik di Piala Dunia 2014 dan 2018 Piala Dunia karena lolos dari babak penyisihan grup. Namun, pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Kolombia harus bersedih karena finis keenam di tabel kualifikasi Zona Conmebol.

  1. Italia (Peringkat FIFA 7)

LONDON - Para pemain Timnas Italia tertunduk lesu usai dikalahkan Timnas Argentina dalam dalam laga antara juara Copa America melawan juara EURO yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB.  Finalissima adalah laga

Azzuri menempati posisi puncak dalam daftar ini. Bagaimana tidak, negara besar dengan empat gelar juara Piala Dunia harus absen pada 2022. Bahkan, Italia baru saja meraih gelar juara Euro 2020. Namun deretan bintangnya gagal meloloskan Azzuri ke Piala Dunia 2022 serta Piala Dunia 2018.

Karena ketangguhan Swiss, Italia dipaksa masuk ke babak playoff. Dalam babak tersebut ia disandingkan dengan Makedonia Utara, secara mengejutkan Jorginho bersama teman-temannya pun tidak mampu menang atas mereka.

Demikian informasi mengenai negara besar yang gagal lolos piala dunia 2022, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca semua.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1853 seconds [13]