logo
Hobi | Detail

5 Manfaat Tolak Peluru untuk Kebugaran Tubuh

Tim Sportstars
Rabu, 20 Juli 2022, 16:22 WIB
5 Manfaat Tolak Peluru untuk Kebugaran Tubuh
Manfaat tolak peluru baik untuk kesehatan. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Manfaat tolak peluru akan dibahas dalam artikel ini. Tolak peluru merupakan cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melemparkan bola besi sejauh mungkin dari titik lempar menuju titik pendaratan.

Tolak peluru (shot put) termasuk salah satu cabang atletik nomor lempar bersama dengan lempar cakram, lempar lembing, dan lontar martil.

Sama halnya seperti jenis olahraga yang lain, tolak peluru juga memiliki banyak manfaat.

Berikut 5 manfaat tolak peluru untuk kebugaran tubuh:

Cara memegang peluru yang benar dalam tolak peluru  (Foto: REUTERS)

1. Tingkatkan Fleksibilitas Tubuh

Olahraga tolak peluru dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh dan membuat otot serta tulang sendi menjadi lebih kuat. Selain itu, dalam tolak peluru terdapat gerakan-gerakan yang mampu melenturkan tubuh agar mudah bergerak dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Tubuh Jadi Bugar

Salah satu manfaat dari berolahraga yaitu dapat membuat tubuh jadi sehat dan bugar. Tubuh yang bugar akan terhindar dari berbagai penyakit tulang seperti nyeri sendi, otot, hingga tulang keropos atau osteoporosis.

3. Menambah Stamina

Stamina yang kuat membuat tubuh menjadi lebih berenergi saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Sebab, saat melakukan tolak peluru harus terlebih dahulu melakukan pemanasan agar tidak mengalami keram. Hal tersebut dapat membuat stamina tubuh menjadi meningkat.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1623 seconds [13]