Ragam Lainnya | Detail

5 Manfaat Senam Lantai untuk Tubuh dan Kesehatan

Tim Sportstars
Kamis, 12 Mei 2022, 18:27 WIB
5 Manfaat Senam Lantai untuk Tubuh dan Kesehatan
Sikap lilin termasuk gerakan senam lantai

JAKARTA-Manfaat senam lantai kian menarik untuk dibahas. Sejatinya olahraga senam dapat dilakukan tanpa batasan usia. Mulai dari anak-anak sampai dewasa. Saat ini gerakan olahraga senam lantai makin digemari sejak para atlet hingga masyarakat umum.

Senam merupakan terjemahan langsung dari kata gymnastics. Senam lantai sendiri diketahui merupakan bagian dari senam artistik. Olahraga ini disebut senam lantai karena semua keterampilan gerakannya, dilakukan langsung di atas lantai dengan beralaskan matras. Namun tanpa menggunakan alat bantu lainnya. 

Manfaat Senam Lantai 

Melakukan senam lantai diketahui membutuhkan kekuatan, keseimbangan, kecepatan, kelentukan, kelincahan, dan ketepatan. Lalu apa saja manfaat senam lantai itu sendiri? Berikut Sportstars.id telah merangkumnya sebagai berikut; 

  • Mencegah timbulnya penyakit 

Senam lantai juga dapat mengurangi risiko penyakit yang mengganggu kesehatan seperti asma,kanker,obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Senam ini juga dapat membantu mnegurangi osteoporosis di kemudian hari bagi anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

  • Meningkatkan Fleksibilitas 

Fleksibilitas otot dapat mencegah cedera, semakin fleksibelnya otot kita maka akan semakin kecil kemungkinan untuk merenggangkan otot ketika sedang beraktivitas menyelesaikan tugas sehari-hari.

  • Meningkatkan konsentrasi 

Dengan melakukan senam, fokus akan bertambah baik bagi anak muda maupun orang dewasa. Karena fokus sangat dibutuhkan dalam senam ini untuk mengurangi resiko cedera. Meningkatkan konsentrasi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kemampuan memori seseorang.

  • Meningkatkan Kekuatan

Senam lantai bertumpu dengan kekuatan berat badan untuk meningkatkan otot seluruh tubuh, kekuatan inti dan keseimbangan. Latihan senam ini juga dapat membantu mengencangkan semua otot dan membantu mengurangi nyeri dan nyeri otot kronis.

  • Gaya Hidup Sehat

Orang yang dapat melakukan senam diketahui cenderung dapat membuat gaya hidup yang baik. Terlebih karena padatnya jadwal yang menuntut anak-anak di sekolah. Senam juga menjadikan mental anak menjadi sehat dan meningkatkan penghargaan pada diri sendiri. 


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1373 seconds [13]