logo
Hobi | Detail

5 Manfaat Olahraga untuk Kulit

Intan Rachmasari
Rabu, 27 Juli 2022, 03:31 WIB
5 Manfaat Olahraga untuk Kulit
Rutin berolahraga dapat membantu perawatan kulit (Foto: Instagram/prisia).

JAKARTA-Manfaat olahraga untuk kulit sangat dibutuhkan oleh banyak orang akhir-akhir ini. Pasalnya memiliki kulit yang sehat dan tubuh yang ideal menjadi dambaan banyak orang di era sosmed saat ini.

Olahraga dikenal memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh seseorang apabila dilakukan secara rutin dan konsisten. Olahraga teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, membangun massa otot, menjaga kekuatan tulang, dan menurunkan berat badan. 

Tapi faktanya olahraga juga dapat memberikan manfaat untuk kulit. Beberapa penelitian membuktikan bahwa olahraga bisa menunda penuaan dini, memperlancar peredaran darah, dan memperbaiki produksi hormon dalam tubuh. 

Dilansir dari beberapa sumber sportstars.id merangkum informasi 7 manfaat olahraga untuk kulit. Berikut informasinya;

Wulan Guritno saat bersepeda (Foto: Instargam/wulanguritno)

5 Manfaat Olahraga untuk Kulit 

  1. Mencegah Pertumbuhan Jerawat 

Kotoran dan sel minyak yang menumpuk pada wajah dapat menyumbat pori pori yang akan memicu tumbuhnya jerawat. Dengan olahraga akan memperlancar peredaran darah dan oksigen yang berfungsi untuk membuang racun ataupun kotoran yang menyumbat pori pori. 

  1. Nutrisi Kulit Tercukupi

Kulit yang ternutrisi dengan baik akan terlihat lebih sehat, kenyal serta lebih lembab. Olahraga yang dilakukan secara rutin akan mencukupi kebutuhan nutrisi kulit dengan baik. 

Olahraga dapat meningkatkan kelancaran peredaran darah  dalam tubuh. Ini berarti bahwa sel-sel kulit dipasok dengan baik dengan oksigen dan nutrisi. 

  1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini akan selalu muncul sekeras apapun olahraga yang dilakukan. Tetapi bagi mereka yang rutin melakukan olahraga dapat memperlambat proses penuaan dini. 

Munculnya keriput halus pada kulit merupakan bentuk dari penuaan dini. Keriput muncul akibat produksi kolagen yang berkurang pada kulit. Rutin melakukan olahraga akan memperlancar produksi kolagen pada kulit yang berfungsi untuk mencegah munculnya keriput pada kulit.

  1. Kulit Lebih Sehat dan Cerah

Olahraga teratur meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan produksi kolagen dan menghindari stres. Perpaduan manfaat tersebut membuat  kulit tampak lebih sehat dan cerah.

Selain itu, olahraga juga bisa membersihkan kulit. Kelenjar keringat akan menghasilkan  keringat yang keluar dari pori-pori kulit saat berolahraga. Dengan cara ini, kotoran yang semula terperangkap di  pori-pori kulit  terdorong keluar oleh keringat. 

  1. Membantu Menyembuhkan Eksim 

Eksim adalah salah satu jenis penyakit kulit yang dialami oleh beberapa orang. Penyakit ini akan berupa ruam pada kulit dengan rasa gatal.
Olahraga teratur membantu mengelola stres kulit. 

Oleh karena itu, olahraga secara tidak langsung dapat mencegah  eksim. Tentu saja, berbagai penelitian diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.

Demikian informasi tentang 5 manfaat olahraga untuk kulit. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia sportstars.id. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1638 seconds [12]