logo
Hobi | Detail

5 Manfaat Olahraga Plank untuk Tubuh Lebih Ideal

Intan Rachmasari
Kamis, 28 Juli 2022, 04:45 WIB
5 Manfaat Olahraga Plank untuk Tubuh Lebih Ideal
Plank memiliki beberapa variasi gerakan yang berdampak positif bagi tubuh.

JAKARTA-Manfaat olahraga plank untuk tubuh menjadi informasi yang menarik untuk dibahas kali ini. Plank adalah salah satu jenis olahraga yang mudah dilakukan dimana saja dengan hasil yang maksimal. 

Banyak manfaat apabila olahraga plank dilakukan secara rutin dan konsisten. Disebutkan juga olahraga plank bisa membantu seseorang dalam proses diet apabila dilakukan dengan cara yang benar.

Plank adalah salah satu jenis olahraga yang menggunakan lengan bawah sebagai tumpuan untuk menggerakkan otot-otot inti tubuh yang berhubungan dengan pinggang, pinggang, dan perut dengan gerakan sederhana.

Dilansir dari beberapa sumber sportstars.id merangkum informasi mengenai manfaat olahraga plank untuk tubuh lebih ideal. Berikut informasinya;

Istri Lionel Messi, Antonella Roccuzzo, melakukan latihan fisik (Foto: Instagram)

5 Manfaat Olahraga Plank untuk Tubuh Lebih Ideal

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Plank dapat memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan. Melakukan olahraga plank secara rutin memang akan memperkuat otot otot tubuh yang menjadi tumpuan saat plank dan efektif untuk membakar kalori tubuh. 

Plank memang efektif untuk membakar kalori tubuh dan kalori yang terbakar pun berdasarkan berat badan seseorang. Setiap menit plank akan membakar sejumlah 2 kalori untuk berat badan 50 kg. Sedangkan berat badan di atas 50 kg akan terbakar 3-4 kalori per menit plank.

  1. Menambah Massa Otot Tubuh

Meski olahraga ini terkesan simple, tetapi melakukan plank secara rutin dapat menambah massa otot pada bagian tubuh tertentu. Pada dasarnya gerakan plank fokus pada otot-otot inti tubuh yang berhubungan dengan pinggang, pinggang, dan perut dengan gerakan sederhana. Otot bagian tubuh menjadi tumpuan saat melakukan plank akan semakin kuat. 

  1. Memperbaiki Postur Tubuh 

Olahraga plank ini dapat membantu tubuh untuk menyelaraskan tulang dan sendi dan meningkatkan fungsi otot secara keseluruhan. Hal ini akan membantu seseorang untuk memperbaiki postur tubuh yang bermasalah.

Latihan plank dapat memperbaiki tulang belakang dan memperkuat otot-otot punggung atas dan bahu, leher, dada, dan perut. Latihan plank juga bekerja pada punggung bawah, punggung bawah, dan otot  panggul untuk fokus yang lebih stabil.

  1. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Tubuh yang sehat pasti memiliki tingkat kelenturan otot yang baik sehingga mempermudah dalam melakukan berbagai kegiatan olahraga rutin. Karena otot yang kurang lentur akan mengganggu di setiap kegiatan yang kita lakukan walaupun hanya kegiatan ringan. 

Olahraga plank dapat membangun otot inti yang lebih stabil, kuat namun fleksibel. Otot yang lentur dapat menstabilkan koordinasi tubuh sekaligus menciptakan rentang gerak yang lebih fleksibel dan efisien.

  1. Mengencangkan Otot Perut

Olahraga plank dapat memberikan manfaat berupa mengencangkan otot otot bagian perut. Karena dalam olahraga plank otot perut  bekerja ekstra, sehingga akan menghasilkan otot perut yang lebih kuat.

Otot inti yang kuat  membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh untuk memurnikan racun, menyerap nutrisi dan mengatur hormon dengan lebih efisien.

Cara Melakukan Plank

  1. Cara melakukan plank adalah posisi tubuh telungkup di atas matras.
  2. Posisi tangan menopang bahu dengan posisi lengan depan sejajar dengan siku.
  3. Posisi ujung jari kaki menyentuh matras. 
  4. Tahan posisi ini selama beberapa waktu dengan posisi perut ditahan naik dan rasakan tarikan otot perut.
  5. Lakukan juga beberapa variasi gerakan seperti Side Plank dan Reverse Plank. 

Demikian informasi mengenai manfaat olahraga plank dan cara untuk melakukannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca setia sportstars.id.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1568 seconds [12]