logo
Ragam Lainnya | Detail

5 Manfaat Menyelam Bagi Kesehatan Tubuh

Tim Sportstars
Senin, 12 Desember 2022, 20:50 WIB
5 Manfaat Menyelam Bagi Kesehatan Tubuh
Lima manfaat menyelam bagi kesehatan tubuh (Foto: Instagram/nadinelist)

JAKARTA - Manfaat menyelam bagi kesehatan tubuh menjadi alasan olahraga ini cukup digemari. Menyelam atau scuba diving faktanya menjadi salah satu tren olahraga yang cukup digemari oleh kaum milenials.

Menyelam memberikan efek rasa tenang pada tubuh dan membantu menyegarkan pikiran. Saat berada di dalam air, pikiran dapat fokus kepada diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Sensasi relaksasi inilah yang sangat dibutuhkan untuk tubuh dan pikiran untuk menjaga metabolisme tubuh. Namun masih banyak yang bertanya-tanya aja saja manfaat dari olahraga menyelam? 

Menurut para pakar, kegiatan menyelam mirip dengan kegiatan meditasi yang sangat baik bagi tubuh dan kesehatan mental seseorang.

Ini lima manfaat menyelam bagi kesehatan tubuh : 

1. Melatih kekuatan dan kelenturan otot

Ketika menyelam, otot-otot akan bekerja lebih keras dibandingkan saat bergerak di darat. Ini merupakan akibat arus dan tekanan air laut. 

Semakin banyak dan semakin lamamenyelam di dalam air, maka semakin terlatih pula otot-ototmu. Lama-kelamaan, stamina dan kelenturan tumbuh pun mulai terlatih lebih maksimal.

2. Melatih Pernafasan

Ketika menyelam, seseorang harus bernapas dengan dalam dan lambat untuk menghemat persediaan oksigen. Teknik pernapasan ini akan melambatkan detak jantung dan membuat dirimu tenang di dalam air. Selain itu, teknik pernapasan ini akan mengurangi pembentukan lendir dan telah terbukti dapat menyembuhkan asma.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Ketika pertama kali turun ke dalam laut, denyut jantung penyelam akan naik tiba-tiba. Begitu pula dengan tekanan darah. Ini disebabkan oleh hormon adrenalin hingga suhu air laut. 

Suhu air laut biasanya lebih rendah dibandingkan suhu tubuh manusia. Saat penyelam masuk ke dalam air, pembuluh darah di permukaan tubuh akan menyempit untuk menghemat panas demi organ bagian dalam. Ini akan membuat denyut jantung penyelam berpacu lebih cepat. 

Ketika tubuh sudah terbiasa, detak jantung akan melambat dan tekanan darah menurun. Di sini, teknik pernapasan akan membantu penyelam mempertahankan tekanan darah dan membuat penyelam tenang selama menyelam.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1815 seconds [12]