logo
Ragam Lainnya | Detail

5 Manfaat Latihan Kelenturan Tubuh, Pastikan Tubuh Tetap Bugar

Intan Rachmasari
Kamis, 08 September 2022, 00:35 WIB
5 Manfaat Latihan Kelenturan Tubuh, Pastikan Tubuh Tetap Bugar
Ilustrasi (Foto: Squarespaces)

JAKARTA - 5 manfaat latihan kelenturan tubuh sangat perlu diperhatikan bagi setiap orang yang melakukan jenis olahraga ini. Pada dasarnya kelenturan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk melakukan gerak melalui ruang gerak sendi atau ruang gerak tubuh secara maksimal.

Bentuk dari latihan kelenturan juga bermacam macam, banyak olahraga berat yang memerlukan kemampuan kelenturan pada tubuh. Olahraga seperti senam acrobatic dan gymnastic sangat mengutamakan kelenturan.

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan membahas 5 manfaat latihan kelenturan tubuh. Berikut informasinya;

Pengertian Kelentukan punggung (Foto: ekhartyoga)

5 Manfaat Latihan Kelenturan Tubuh, Pastikan Tubuh Tetap Bugar

  1. Meningkatkan Kebugaran 

Rutin melakukan latihan kelenturan akan membantu merelaksasi otot tubuh secara optimal sehingga bagian tubuh bisa bergerak secara leluasa tanpa rasa kaku. Semakin optimal kerja otot, tubuh akan semakin mudah bergerak dan kebugaran tubuh akan tetap terjaga. 

  1. Memperbaiki Postur Tubuh 

Latihan kelenturan ini dapat membantu tubuh untuk menyelaraskan tulang dan sendi dan meningkatkan fungsi otot secara keseluruhan. Hal ini akan membantu seseorang untuk memperbaiki postur tubuh yang bermasalah.

Latihan kelenturan dapat memperbaiki tulang belakang dan memperkuat otot-otot punggung atas dan bahu, leher, dada, dan perut. Latihan plank juga bekerja pada punggung bawah, punggung bawah, dan otot  panggul untuk fokus yang lebih stabil.

  1. Meminimalisir Cedera Olahraga 

Rutin melakukan latihan kelenturan akan membuat tubuh terbiasa bergerak dengan fleksibilitas otot yang optimal. Banyak olahraga yang mengharuskan seorang atlet memiliki kelenturan tubuh yang maksimal seperti gymnastic.

Dengan rutin melakukan latihan kelenturan tubuh akan terbiasa dan minim resiko cedera otot. 

  1. Meningkatkan Kelincahan dan Koordinasi Gerak

Melakukan latihan kelenturan secara rutin akan meningkatkan kelincahan dan koordinasi gerak. Dengan memiliki kelincahan pada tubuh, akan lebih efektif dan efisien jika melakukan suatu aktivitas. 

  1. Efektifitas Waktu Olahraga Meningkat 

Tubuh dengan tingkat kelenturan tubuh yang baik maka akan membantu melakukan secara cepat dan ringan. Hal tersebut mencegah tubuh untuk tidak mengeluarkan banyak energi untuk menggerakkan persendian.

Selain itu kelenturan tubuh yang baik dapat menghemat pengeluaran tenaga saat melakukan gerakan.

Demikian informasi mengenai 5 manfaat latihan kelenturan tubuh yang sangat perlu diperhatikan bagi setiap orang. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1647 seconds [12]