Hobi | Detail

5 Manfaat Jogging untuk Kesehatan, Nomor 4 demi Jantung

Hasyim Ashari
Selasa, 06 Juli 2021, 17:52 WIB
5 Manfaat Jogging untuk Kesehatan, Nomor 4 demi Jantung
Melakukan aktivitas olahraga jogging dapat membantu tubuh anda lebih sehat (FOTO: Insider).

JOGGING merupakan olahraga yang mudah dilakukan dengan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tak heran jogging menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat karena selain mudah dan dapat dilakukan oleh semua kalangan.

Masyarakat juga tidak perlu repot untuk menyiapkan berbagai macam perlengkapan olahraga untuk melakukan jogging. Hanya perlu menggunakan sepatu olahraga untuk menghindari cedera saja. 

Selain itu, jogging bisa dilakukan dimana pun asal kondisi jalan aman untuk digunakan. Berikut Sportstars.id merangkum 5 manfaat jogging untuk kesehatan.

1. Menurunkan Berat Badan

Jogging sangat efisien untuk menurunkan berat badan karena kalori dan lemak akan dibakar menjadi energi. Namun apabila ingin menurunkan berat badan secara optimal, tentu saja harus dilakukan secara rutin serta menjaga pola makan secara teratur juga.

Jumlah kalori dan lemak yang bisa dihancurkan tergantung dari berat badan dan intensitas jogging. Semakin sering jogging dilakukan, maka berat badan akan cepat berkurang. Pada umumnya, jogging dapat membakar 100 kalori untuk setiap 1 mil jogging.

Jika dibandingkan dengan jenis latihan kardio atau aerobik, berlari membakar lebih banyak kalori dalam jumlah waktu yang sama. Jika ingin penurunan berat badan, cara terbaik yaitu menerapkan pola diet yang sehat.

2. Meningkatkan Mood Jadi Lebih Baik

Mungkin ketika mood sedang tidak bagus, salah satu solusi terbaiknya ialah dengan jogging. Karena dengan jogging dapat melancarkan aliran darah dan melepas beberapa hormon seperti endorfin dan dopamin ke otak untuk meningkatkan mood agar lebih baik.

Faktanya, pada penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Assosiation pada tahun 2017 mengatakan bahwa melakukan rutinitas jogging di saat sedang stress dapat membuat imun menjadi kuat dan terhindar dari penyakit.

3. Tidur Jadi Lebih Pulas

Pada saat aktivitas jogging, tubuh dapat melepas hormon serotonin, yang mana sangat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Selain itu, jogging rupanya juga dapat memberikan otak dan tubuh untuk rileks sepanjang malam.

Apabila kamu mengalami gangguan tidur, tidak ada salahnya untuk mencoba aktivitas jogging. Itu sangat membantu banyak untuk kamu yang memiliki masalah dengan tidur.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jogging dapat memompa aliran darah ke jantung dan membuat jantung kamu jauh lebih kuat. Selain itu, jogging juga dapat melindungi kesehatan jantung dalam jangka waktu panjang jika anda melakukannya secara rutin.

Faktanya, pada tahun 2014 dalam Jurnal American College of Cardiology menemukan bahwa aktivitas jogging memiliki resiko 45 persen lebih rendah untuk terkena penyakit jantung, seperti serangan jantung mendadak, dan stroke selama 15 tahun.

5. Lebih Awet Muda

Beberapa penelitian menemukan bahwa jogging dapat membuat terlihat awet muda. Pada tahun 2019 dalam British Journal of Sports Medicine mengatakan bahwa Jogging memiliki 27 persen lebih rendah dari resiko kematian termasuk 23 persen lebih rendah dari kematian akibat kanker. 

Bahkan jogging tiga tahun hidup lebih lama dibanding dengan yang tidak melakukan aktivitas jogging. Jadi dengan banyak manfaat yang didapat dari aktivitas olahraga satu ini, kapan anda mulai melaksanakan jogging?

Editor : Coro Mountana

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.5243 seconds [12]