logo
Ragam Lainnya | Detail

5 Manfaat Gerakan Kayang dalam Senam Lantai

Tim Sportstars
Selasa, 13 September 2022, 16:08 WIB
5 Manfaat Gerakan Kayang dalam Senam Lantai
Manfaat gerakan kayang dalam senam lantai sangat banyak untuk kesehatan. (Foto: Wikihow)

JAKARTA - Manfaat gerakan kayang dalam senam lantai perlu kita ketahui agar lebih semangat melakukannya. Kayang merupakan salah satu gerakan dari senam lantai.

Gerakan kayang atau biasa disebut dengan backbend, yaitu  gerakan yang bertumpu pada tangan dan kaki secara bersamaan, lalu posisi badan melengkung ke belakang. Kayang melatih kelenturan otot tubuh, serta berfungsi untuk meregangkan bahu, dada, serta pinggul.

Gerakan kayang bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan posisi berdiri atau tidur. Gerakan kayang yang mudah untuk pemula adalah posisi tidur.

Cara melakukan kayang posisi tidur yaitu dengan berbaring di lantai, lalu mengangkat badan ke atas setinggi mungkin,serta tangan kaki sebagai penopang badan. Sebelum melakukan kayang hendaknya melakukan pemanasan agar terhindar dari cedera.

Apa sih manfaat gerakan kayang untuk tubuh? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Manfaat Gerakan Kayang dalam Senam Lantai

Cara Melakukan Kayang dalam Senam Lantai (Foto: SehatQ.com)

Gerakan kayang sangat bagus untuk kesehatan dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Setidaknya ada lima manfaat gerakan tersebut.  

1. Melatih Kekuatan Otot

Saat melakukan gerakan kayang, otot tangan dan kaki akan menjadi tumpuan badan. Sehingga bagian tubuh lain seperti perut, bahu, dan pinggang bisa menjadi kuat.

2. Menambah Kelenturan Tulang Belakang dan Pinggul

Elastisitas tulang belakang dan pinggul sangat berpengaruh dari gerakan kayang. Kelenturan tulang belakang dan pinggul bisa menghindari dari sakit pinggang atau cedera lainnya.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1576 seconds [12]