Hobi | Detail

5 Manfaat Bersepeda, Turunkan Berat Badan hingga Atasi Diabetes

Wilda Fajriah
Sabtu, 05 Juni 2021, 15:00 WIB
5 Manfaat Bersepeda, Turunkan Berat Badan hingga Atasi Diabetes
Bersepeda memiliki banyak manfaat kesehatan. (Foto : JKT.CC)

JAKARTA - Bersepeda menjadi olahraga yang cukup popular di masa Pandemi Covid-19. Selain mengasyikkan, ternyata bersepeda juga punya banyak manfaat untuk kesehatan

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingati Hari Sepeda Sedunia setiap tanggal 3 Juni. Penetapan ini menjadi bukti betapa pentingnya bersepeda untuk kesehatan. 

Sepeda adalah salah satu alat transportasi yang paling berkelanjutan, ramah lingkungan, terjangkau dan sederhana. Namun terlepas dari itu, bersepeda dinilai sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Melansir dari Pinkvilla, berikut manfaat sepeda yang dapat dirasakan.

1. Menurunkan berat badan

Bersepeda adalah cara yang ideal untuk mengurangi berat badan. Ini meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak.

Artinya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka goweslah sepeda Anda sambil mempertahankan rencana diet yang sehat. Ini adalah cara yang nyaman untuk berolahraga juga karena Anda dapat memilih waktu dan mempertahankan kecepatan sendiri yang nyaman.

2. Kurangi risiko penyakit kardiovaskular

Bersepeda secara teratur akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dll. Pasalnya, bersepeda akan meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, sirkulasi darah. 

Bersepeda juga memperkuat otot jantung, mengurangi kadar lemak darah, menurunkan denyut nadi istirahat, dll. Dan yang paling penting, orang-orang dari segala usia dapat melakukan olahraga bersepeda.

 

3. Kurangi Risiko Diabetes

Diabetes adalah salah satu masalah kesehatan utama di antara orang-orang di seluruh dunia. Dan kurangnya aktivitas adalah salah satu faktor paling umum dari masalah ini. Namun bersepeda selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan risiko terkena diabetes hingga 40 persen.

4. Memperbaiki masalah tulang dan osteoartritis

Bersepeda meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan. Bersepeda sangat ideal untuk orang dengan masalah osteoartritis karena ini adalah latihan berdampak rendah yang memberikan sedikit tekanan pada persendian.

5. Bermanfaat untuk kesehatan mental

Bersepeda secara teratur bermanfaat untuk masalah kesehatan mental karena meningkatkan stres, depresi, dan kecemasan dengan memberikan kegembiraan yang luar biasa kepada pengendaranya.
 

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1355 seconds [13]