logo
Hobi | Detail

5 Latihan untuk Menguatkan Otot Bagian Perut

Intan Rachmasari
Selasa, 26 Juli 2022, 22:08 WIB
5 Latihan untuk Menguatkan Otot Bagian Perut 
Terdapat beberapa latihan untuk menguatkan otot perut yang harus diketahui.

JAKARTA - Latihan untuk menguatkan otot bagian perut menjadi informasi menarik yang banyak dicari warganet. Olahraga sering dilakukan orang orang untuk membentuk tubuh yang ideal khususnya bagian perut.

Perut yang ideal menjadi dambaan banyak orang karena untuk menunjang penampilan yang sempurna. Untuk mendapatkan bentuk perut yang ideal perlu dilakukan latihan yang bertujuan untuk menguatkan otot perut. 

Dilansir dari beberapa sumber sportstars.id merangkum tentang 5 latihan untuk menguatkan otot bagian perut. Berikut ulasannya;

Plank cara membentuk sixpack dalam 1 minggu di rumah.

5 Latihan untuk Menguatkan Otot Bagian Perut

  1. Crunches 

Latihan ini dilakukan dengan posisi hampir mirip dengan sit up. Tapi latihan Crunches lebih efektif untuk membentuk sixpack. Cara melakukan Crunches adalah tekuk lutut Anda, letakkan kaki di lantai dan berbaring telentang.

Letakkan jari di belakang kepala dan tarik napas dalam-dalam. Saat mengeluarkan napas, angkat punggung atas dari lantai dan tahan di tempatnya selama 2 detik. Perlahan turunkan kembali punggung ke lantai.

  1. Plank

Gerakan yang menopang tubuh selama beberapa menit yang dapat mengencangkan perut dan mengerahkan kekuatan otot perut, membantu membangun otot perut dari waktu ke waktu.

Cara melakukan plank adalah posisi tubuh telungkup di atas matras, posisi tangan menopang bahu dengan posisi ujung jari kaki menyentuh matras. Tahan posisi ini selama beberapa waktu dengan posisi perut ditahan naik dan rasakan tarikan otot perut.

  1. Sit Up

Manfaat sit up bagi kesehatan tubuh tidak bisa dianggap remeh.  (Foto: Lemonilo.com)

Berbaring telentang, tekuk lutut  pada sudut 90 derajat dan jaga agar kaki tetap rata di lantai. Dianjurkan untuk meletakkan tangan Anda di kepala untuk menggerakkan perut Anda lebih kuat. Ulangi gerakan ini selama 2-3 set.

Latihan ini sangat efektif untuk mengencangkan otot otot bagian perut. Sehingga berguna untuk membuat bentuk perut lebih ideal.

  1. Leg Raise

Posisikan badan terlentang. Angkat kaki keatas secara lurus dengan posisi tangan sejajar dengan bokong. Setelah mengangkat kaki, kemudian turunkan secara perlahan jangan sampai menyentuh lantai. Lakukan hingga beberapa kali repetisi. 

Selain berfungsi menjaga kekuatan otot kaki, ternyata latihan leg raise juga ampuh untuk mengencangkan otot perut. Karena gerakan ini juga menggunakan perut sebagai tumpuan ototnya.

  1. Flutter Kicks 

Flutter kicks adalah bentuk variasi dari leg raises. Dilakukan dengan posisi seperti akan melakukan leg raise, tapi disertai dengan adanya tendangan. Apabila dilakukan secara rutin dan konsisten flutter kicks akan memperkuat otot bagian perut.

Itulah 5 latihan untuk menguatkan otot bagian perut. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca setia sportstars.id . 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1514 seconds [12]