Bola Lainnya | Detail

5 Klub Luar Negeri yang Dimiliki Orang Indonesia, Nomor 1 Pernah Diperkuat Shin Tae-yong

Basudiwa Supraja
Selasa, 11 Januari 2022, 07:07 WIB
5 Klub Luar Negeri yang Dimiliki Orang Indonesia, Nomor 1 Pernah Diperkuat Shin Tae-yong
Erik Thohir pemilik Oxford United (Foto: Instagram)

BERIKUT adalah deretan klub sepak bola Eropa yang dimiliki orang Indonesia. Antusiasme masyarakat Tanah Air pada olahraga sepakbola memang tidak perlu diragukan.

Hal ini juga yang menarik para pengusaha untuk memiliki saham pada sejumlah klub sepakbola Eropa. Klub mana saja yang dimiliki orang Indonesia? berikut ulasannya.

5. Como 1907

Como adalah salah satu klub di Italia yang saat ini berlaga di kasta kedua Liga Italia. Siapa sangka ternyata klub yang berdiri sejak 1907 ini dimiliki oleh Grup Djarum. Djarum merupakan perusahaan yang didirikan oleh Michael Bambang Hartono. Mereka merupakan perusahaan yang memproduksi tembakau.

Como 1907

Seperti yang diketahui, Como diakuisisi oleh Djarum pada 2019 lalu dan berhasil menjadi juara musim 2020-2021 Liga Italia Seri C. Mereka pun kini berhasil naik kasta kedua Liga Italia di Seri B.

4. Oxford United

Pengusaha sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir, merupakan sosok pemegang saham klub yang berbasis di Inggris ini. Oxford United adalah klub yang berlaga di kasta ketiga Liga Inggris.

Oxford United

Seperti yang banyak dikabarkan sejumlah media, Erick telah mengakuisisi 51 persen saham klub tersebut sejak 2021 lalu. Oxford musim ini menempati peringkat kelima klasemen Liga Satu Inggris.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1093 seconds [12]