logo
Bola Lainnya | Detail

5 Kiper dengan Jumlah Gol Terbanyak Sepanjang Masa: Nomor 1 Lebih dari 100 Gol!

Okta Novanto
Selasa, 20 September 2022, 15:25 WIB
5 Kiper dengan Jumlah Gol Terbanyak Sepanjang Masa: Nomor 1 Lebih dari 100 Gol!
Jose Luis Chilavert, kiper yang dikenal kerap mencetak gol (Sumber: Instagram).

JAKARTA - Deretan 5 kiper dengan jumlah gol terbanyak sepanjang masa menjadi sosok paling berbahaya meski bertugas di bawah mistar. Kiper dalam sepak bola memiliki andil pada lini pertahanan akhir, sehingga tak heran jika mereka sulit mendapatkan peluang mencetak gol.

Tetapi siapa sangka beberapa kiper memiliki produktivitas gol layaknya striker. Keberadaannya tentu menjadi momok yang wajib diwaspadai meski seorang penjaga gawang.

Bahkan ada dari mereka yang mampu mencetak lebih dari seratus gol. Dia bernama Rogerio Ceni, mungkin sosoknya membuat sebagian striker minder terhadap performanya.

Siapa sajakah kiper dengan jumlah gol terbanyak? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Daftar Kiper dengan Jumlah Gol Terbanyak Sepanjang Masa

  1. Johnny Vegas Fernandez - 39 Gol

Johnny Vegas Fernandez merupakan kiper berkebangsaan Peru yang mulai merumput di klub Sport Boys Association. Vegas jadi kiper paling populer di negaranya karena tercatat sebagai salah satu penjaga gawang yang rajin mencetak gol.

Sepanjang sepak terjangnya, Vegas telah mencetak 39 gol. Rincian golnya adalah 30 gol melalui eksekusi penalti dan sembilan di antaranya lewat open play.

  1. Rene Higuita - 41 Gol 

Rene Higuita (Sumber: Instagram)

Berikutnya datang dari Kolombia yang terkenal karena penyelamatan kalajengkingnya ketika melawan Inggris di Stadion Wembley, 1995 silam. Rene Higuita memutuskan pensiun pada Januari 2009. 

Kiper fenomenal ini cukup produktif dalam kariernya. Terhitung selama rentang waktu 1985-2009, Higuita telah mencetak 41 gol.

  1. Dimitar Ivankov - 42 Gol

Dimitar Ivankov (Sumber: Instagram)

Dimitar Ivankov merupakan kiper ternama asal Bulgaria. Ivankov adalah kiper yang sangat berjasa bagi klubnya kala itu, Levski Sofia pada musim 1995-2005. Beberapa trofi prestisius berhasil ia persembahkan untuk Levski Sofia selama satu dekade.

Kemudian pada 2006, Ivankov pindah ke Turki, dan memutuskan gantung sepatu di Siprus pada 2011. Sepanjang perjalanannya di lapangan hijau, Dimitar Ivankov dikenal sebagai kiper paling produktif di Bulgaria dengan torehan 42 gol.

  1. Jose Luis Chilavert - 67 Gol

Jose Luis Chilavert (Sumber: Instagram)

Mungkin jika tak ada data yang diarsipkan, publik tak akan percaya bahwa ada kiper yang mampu mencetak hattrick. Tokoh tersebut adalah Jose Luis Chilavert. Hattrick Chilavert yang menggemparkan publik kala itu bersarang di gawang Ferro Carril Oeste pada 1999 lewat eksekusi penalti.

Kiper spektakuler asal Paraguay tersebut, sepanjang kariernya mampu mengemas 67 gol dalam medio 1980-2004.

  1. Rogerio Ceni - 131 Gol

Rogerio Ceni (Sumber: Instagram)

Rogerio Ceni menempati urutan teratas pada daftar ini. Penjaga gawang asal Brasil tersebut adalah seorang legenda dengan torehan gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola.

Kiper yang juga loyal ini merumput  sejak 1990 hingga 2015 hanya bersama Sao Paulo. Sepanjang kariernya total ia mengoleksi 131 gol. Dari total 131 gol yang dilesatkan bersama Sao Paulo, 61 gol di antaranya tercipta dari tendangan bebas langsung.

Kala itu, kiper lawan benar-benar takut kepadanya karena dibobol oleh sesama kiper adalah hal yang memalukan.

Demikian informasi mengenai kiper dengan jumlah gol terbanyak sepanjang masa, semoga menambah wawasan bagi pembaca semua.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1613 seconds [13]