logo
Hobi | Detail

5 Kesalahan Saat Olahraga HIIT yang Perlu Dihindari

Intan Rachmasari
Jum'at, 29 Juli 2022, 01:47 WIB
5 Kesalahan Saat Olahraga HIIT yang Perlu Dihindari 
Aktivitas membakar kardio. (Foto: olimpsport)

JAKARTA - 5 Kesalahan saat olahraga HIIT yang perlu dihindari penting diketahui untuk menghindari risiko cedera. Pasalnya olahraga HIIT merupakan High-intensity interval training atau olahraga dengan intensitas tinggi.

Olahraga HIIT dapat membakar kalori tubuh dan membantu untuk menurunkan berat badan secara efektif. Tapi olahraga HIIT tidak akan bekerja efektif apabila tidak dilakukan dengan benar. 

Pada kesempatan ini Sportstars.id akan membahas 5 kesalahan saat olahraga HIIT yang perlu dihindari. Berikut informasinya;

5 Kesalahan Saat Olahraga HIIT yang Perlu Dihindari

  1. Tidak Melakukan Pemanasan

Peregangan penting dilakukan sebelum olahraga. (Foto: Istimewa)

Olahraga HIIT menuntut seseorang untuk bergerak lebih ekstra daripada jenis olahraga lainnya. Selain itu juga olahraga HIIT terdapat banyak repetisi yang perlu diselesaikan, sehingga energi yang dibutuhkan juga harus maksimal.

Melupakan pemanasan sebelum melakukan olahraga HIIT akan membuat HIIT tidak maksimal dilakukan. Tidak melakukan pemanasan akan membuat badan lebih cepat lelah sehingga intensitas HIIT akan berkurang. 

Selain itu juga pemanasan berfungsi untuk membuat kerja jantung tidak kaget.

  1. Durasi Latihan Terlalu Lama

Olahraga HIIT pada dasarnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk pelaksanaanya. Olahraga HIIT sebaiknya dilakukan maksimal 30 menit saja dan tidak boleh lebih. 

Olahraga HIIT juga perlu diselingi waktu istirahat agar tubuh bisa rileks. HIIT tidak baik jika dilakukan dengan durasi yang terlalu lama.

  1. Tidak Meningkatkan Intensitas Gerakan

Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, (kiri) mengerahkan seluruh tenaga mengangkat beban dalam latihan di gym fitness center JA (Jebel Ali) Resorts and Hotels, Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (21/5/2021) pagi. (Foto: PSSI)

Olahraga HIIT tidak akan memberikan dampak berarti apabila dalam pelaksanaanya tidak ada peiingkatan intensitas gerakan ataupun interval. Intensitas yang tinggi dalam olahraga HIIT akan memberikan hasil yang maksimal. Perlu ada variasi gerakan atau penambahan repetisi supaya kemampuan kerja tubuh semakin bertambah.

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1508 seconds [12]