logo
Ragam Lainnya | Detail

5 Kesalahan Saat Melakukan Plank yang Harus Dihindari

Intan Rachmasari
Sabtu, 06 Agustus 2022, 01:03 WIB
5 Kesalahan Saat Melakukan Plank yang Harus Dihindari
Plank (foto:lifehack.org)

JAKARTA - 5 kesalahan saat melakukan plank memang harus dihindari untuk meminimalisir risiko cedera tubuh. Selain berisiko cedera, kesalahan dalam melakukan plank juga dapat memberikan hasil yang kurang maksimal.

Walaupun plank adalah jenis olahraga yang terlihat sederhana, tapi tidak jarang banyak yang melakukan kesalahan dalam pelaksanaannya. Berikut Sportstars.Id merangkum 5 kesalahan saat melakukan plank yang harus dihindari;

Istri Lionel Messi, Antonella Roccuzzo, melakukan latihan fisik (Foto: Instagram)

5 Kesalahan Saat Melakukan Plank yang Harus Dihindari

  1. Posisi Punggung yang Terlalu Melengkung

Posisi punggung dalam melakukan plank memang harus diperhatikan. Punggung harus dalam keadaan lurus dan sedikit terangkat ke atas. Posisi punggung yang terlalu melengkung merupakan sebuah kesalahan dalam plank. 

Posisi punggung yang tidak seharusnya akan menimbulkan nyeri punggung yang tidak nyaman. Sehingga tujuan melakukan plank untuk memperbaiki postur tubuh tidak maksimal.

  1. Posisi Pinggul tidak stabil 

Posisi pinggul dalam melakukan plank harus dalam keadaan yang stabil. Terkadang seseorang saat mulai merasa lelah akan mulai menaik turunkan posisi pinggul untuk mengurangi rasa kencang pada otot perut. 

Saat melakukan plank sebaiknya posisi pinggang harus stabil. Supaya penekanan pada bagian otot otot inti seperti perut, paha dan bokong akan maksimal. 

  1. Posisi Leher dan Kepala Menggantung

Posisi leher dan kepala yang menggantung saat melakukan plank dapat menyebabkan rasa tegang yang berlebih apabila terus melakukan kesalahan ini.

Untuk menghindari ketegangan ini posisi kepala harus dalam keadaan yang benar. Pastikan pandangan untuk melihat ke arah depan untuk meminimalisir posisi kepala dan leher menggantung. 

  1. Posisi Bahu Terlalu Membungkuk

Posisi bahu yang membungkuk juga salah satu kesalahan dalam melakukan plank yang dapat menyebabkan ketegangan pada leher. Setelah beberapa saat melakukan plank otot tubuh yang menjadi tumpuan pasti akan merasa lelah.

Akibat otot tubuh yang merasa lelah sehingga menyebabkan posisi tubuh berubah. Seseorang akan secara tidak sadar mengangkat bagian pundaknya lebih tinggi untuk mengurangi rasa tertekan pada bagian yang menjadi tumpuan.

  1. Melakukan Plank Terlalu lama

Olahraga plank adalah olahraga yang mengutamakan ketepatan postur tubuh bukan berapa lama waktu melakukannya. Olahraga plank yang dilakukan dengan waktu yang lama juga tidak memberikan hasil yang maksimal.

Plank akan lebih efektif jika dilakukan selama 10-20 detik dengan posisi postur tubuh yang baik. 

Demikian informasi mengenai 5 kesalahan saat melakukan plank. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.Id.
 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1604 seconds [13]