Tim Nasional | Detail

5 Jenis Weight Training Ala Shin Tae-Yong, Kebut Pemain Timnas Jadi Bugar

Wikku D. Nugroho
Rabu, 11 Mei 2022, 16:46 WIB
5 Jenis Weight Training Ala Shin Tae-Yong, Kebut Pemain Timnas Jadi Bugar
Timnas Indonesia U-23 lakukan weight training lekas kembali bugar

JAKARTA- Jenis weight training ala Shin Tae-Yong menjadi pembicaraan hangat di kalangan pecinta sepakbola Indonesia. Terutama sejak beberapa waktu lalu, dalam kunjungan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong ke podcast youtube Deddy Corbuzier, dia mengeluhkan perihal kebugaran para pemain anak asuhnya.

Kini demi menyambut laga penting di SEA Games 2021 pelatih Shin Tae-Yong sudah menerapkan latihan weight training dimana latihan tersebut berguna untuk meningkatkan kebugaran pemain timnas Indonesia. Sebenarnya apa itu jenis weight training ala Shin Tae-Yong? Berikut akan kami ulas di bawah ini;

Jenis Weight Training Ala Shin Tae-Yong  

Dikutip dari beberapa literasi olahraga menjelaskan weight training adalah latihan beban dimana jenis latihan kekuatan yang menggunakan alat berat atau beban untuk ketahanan. Latihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan massa otot dengan memanfaatkan beban berat seperti dumbbell ataupun alat fitness. Adapun jenis weight training yang diterapkan pelatih STY.

  • Squat (Berjongkok)   

Salah satu gerakan dalam latihan weight training, squat, dilakukan dengan menggunakan gerakan jongkok lanjut berdiri dan dilakukan secara berulang-ulang. Gerakan ini bisa dibantu menggunakan dumbel ataupun beban berat lainnya. Gerakan squat ini bertumpu pada bagian kaki terutama paha, betis dan hamstring.

  • Deadlift

Sama seperti gerakan squat, deadlift ini berpusat pada gerakan anggota seluruh tubuh bukan hanya bagian kaki. Deadlift ini bisa dilakukan menggunakan barbel berukuran besar. Namun dalam melakukan gerakan ini harus diawasi trainer berpengalaman guna menghindari cedera serius.

  • Bench Press

Weight training ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu barbel ataupun alat berat di fitness. Gerakannya mirip seperti push up namun bench press posisi tubuh adalah terlentang menghadap langit-langit. Bench press ini gerakannya cukup mudah yaitu hanya mengangkat alat fitness ke atas dan ke bawah dilakukan secara berulang-ulang.

  • Rows

Gerakan rows teknik gerakannya dengan cara memegang stik barbel dengan kedua telapak tangan menghadap belakang. Condongkan badan ke depan lurus membentuk sudut 80 derajat. Angkat barbel dengan kekuatan penuh dan turunkan secara perlahan. Latihan rows ini lebih bermanfaat lagi bagi tubuh jika menggunakan barbel yang lebih berat. Latihan ini guna menguatkan tumpuan tubuh dan kekuatan punggung.

  • Power Clean

Jenis weight training terakhir adalah power clean. Gerakan workout ini memanfaatkan barbel dalam gerakannya. Dengan cara membawa dan menahan beban atau barbel ke depan bahu dengan menggunakan kekuatan penuh dari tubuh. Lakukan gerakan ini secara perlahan dan berulang.
 
Demikian informasi mengenai Jenis weight Training Ala Shin Tae-Yong. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1352 seconds [12]