Basket | Detail

5 Jenis Dribble dalam Bola Basket dan Penjelasan Lengkap

Wikku D. Nugroho
Senin, 13 Juni 2022, 22:23 WIB
5 Jenis Dribble dalam Bola Basket dan Penjelasan Lengkap
Bola basket memiliki berbagai jenis dribble (Reuters)

JAKARTA-Jenis dribble dalam bola basket jadi ilmu yang selalu dicari oleh para netizen untuk dikuasai. Karena bola basket sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang populer di masyarakat dunia. 

Olahraga ini dimainkan oleh 2 regu atau tim yang saling bersaing. Adapun tujuan olahraga bola basket ini yakni mencetak poin sebanyak-banyaknya. Menurut sejarah, bola basket ditemukan oleh James Naismith di tahun 1891.

Sama seperti olahraga lain, bola basket juga memiliki teknik-teknik dasar, salah satunya adalah menggiring bola atau dribble. Berikut Sportstars akan memberikan informasi Jenis Dribble dalam Bola Basket. 

Jenis Dribble dalam Bola Basket

Berikut jenis dribble dalam olahraga bola basket yang telah dihimpun dari berbagai sumber olahraga terpercaya. 

1. High Bounce

High bounce dapat diartikan sebagai teknik mendribble bola dengan ketinggian tertentu, yakni setinggi paha dan sedikit di atas pinggang. Teknik ini dilakukan dengan cara menggerakan bola dengan cepat.

Patut diingat untuk usahakan tubuh tetap tegak dan dorong sisi depan bola sedikit menjauh dari badan. 

2. Crossover

Crossover memiliki nama lain yakni dribble silang. Gerakan dribble crossover ini dilakukan untuk menghindari hadangan pemain lawan. Pemain bisa melakukan crossover ini ke arah kanan maupun kiri.

Tujuannya agar tidak mudah direbut lawan, pemain harus memindahkan bola dari kiri ke kanan secara bergantian. 

3. Behind the Back

Behind the back diartikan sebagai mendribble bola di belakang punggung. Teknik ini dilakukan dengan membawa dan memantulkan bola menggunakan satu tangan di belakang punggung.

Teknik behind the back ini tentunya digunakan untuk menjaga bola agar tidak mudah direbut pemain lawan. 

4. Between the Legs

Between the legs dilakukan dengan memindahkan bola dari satu tangan ke tangan lainnya di antara kedua kaki. Teknik sangat efektif digunakan ketika pemain sedang kesulitan untuk melewati lawan di depannya. 

5. Change of Pace 

Change of Pace, teknik dribble ini digunakan untuk memperlambat tempo gerakan lawan. Sehingga pemain lawan mengira lawan mereka seolah-olah berhenti. Pemain yang membawa bola segera menambah kecepatan dan mencetak poin. 

Demikian informasi seputar jenis dribble dalam bola basket. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan pembaca setia Sportstars mengenai olahraga bola basket. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1451 seconds [13]