Sportainment | Detail

5 Hal Tentang Windy Cantika Peraih Perunggu Olimpiade

Maruf
Minggu, 25 Juli 2021, 06:27 WIB
5 Hal Tentang Windy Cantika Peraih Perunggu Olimpiade
Windy Cantika Aisah (Foto: Reuters)

WINDY Cantika Aisiah menjadi trending topic di media sosial karena mengharumkan nama bangsa Indonesia setelah meraih medali perunggu di Olimpiade 2020 angkat besi di kelas 49 Kg Wanita di Tokyo International Forum, Sabtu (24/7/2021) siang WIB. 

Atlet berusia 19 tahun itu berhak mendapatkan medali perunggu usai menempati posisi ketiga dengan total angkatan 194 kg. Dia kalah dari Hoi Zhihui dari China yang mendapatkan emas dan Chanu Mirabai (India), perak. Hoi Zhihui sukses dengan dengan total angkatan 210 kg, sedangkan Chanu Mirabai (202 kg). 

Sukses itu membuat Windy menjadi penyumbang medali pertama untuk kontingen Merah Putih di Olimpiade 2020. Berikut lima fakta tentang mojang Bandung tersebut yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.  

1. Sudah Kenal Sejak 2 SD

Karier Windy di angkat berat tak lepas dari peran ibu. Dalam wawancara dengan media, dia sempat mengatakan sudah dikenalkan olahraga tersebut sejak kelas 2 SD, tapi baru benar-benar menekuni olahraga itu sejak kelas 5 SD.

Medali yang dikoleksi Windy Cantika. (Foto: Instagram)

Bedanya saat masih kelas 2 SD dia baru sekadar ikut-ikutan. Baru di usia 12 tahun, atau sekitar kelas 1 SMP, Windy mulai serius. Apalagi dia dimasukkan ke klub angkat besi di Bandung. Kebetulan, klub tersebut dibina langsung mantan lifter nasional Maman Suryaman. 

2. Sempat Terpapar Covid

Perjalanan mendapatkan medali Windy tidak mudah, bukan hanya menghadapi lawan lawan kelas dunia, dia juga sempat terpapar covid-19 sehingga harus menjalani isolasi mandiri. Kejadian itu terjadi pada Desember 2020. 

Windy Cantika. (Foto: Instagram)


"Semua itu terjadi karena teringat begitu beratnya perjuangan Cantika. Bukan hanya menghadapi lawan-lawannya lifter kelas dunia tetapi semangatnya yang sangat tinggi untuk bisa meraih prestasi,” kata ibunda Windy, Siti Aisah. 

3. Usia 17 Tahun Raih Medali Emas SEA Games 

Nama Windy menjadi perbincangan saat mendapatkan medali emas SEA Games 2019 di Filipina. Saat itu, usia Windy masih terbilang sangat muda karena baru sekitar 17 tahun. Dia mendapatkan medali setelah berhasil melakukan total angkatan 172 kg. 

Windy Cantika mendapat medali emas SEA Games. (Foto: Istimewa)

Setelah itu, dia seperti tak pernah berhenti mendapatkan prestasi. Dia mendapatkan emas Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2021 di Tashkent, Uzbekistan, lifter putri terbaik pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2020 silam. Penghargaan itu diberikan setelah dia memberikan penampilan yang impresif.

4. Menjaga Tradisi Medali Angkat Besi

Windy mempertahankan tradisi medali dari cabor angkat besi untuk Kontingen Indonesia. Tren tersebut sudah berlangsung dalam 20 tahun terakhir. Hal tersebut dimulai dari era Lisa Rumbewas yang meraih dua kali perak pada Olimpiade Sydney 2000 dan Athena 2004.

 Lifter Windy Cantika Aisah Sukses Raih Medali Perunggu Olimpiade Tokyo 2020

Lisa kemudian menjaga tradisi di Olimpiade 2008, China, kemudian diteruskan juniornya Cita Febrianti dengan kalungan perak di Oimpiade 2012. Terakhir adalah pencapaian Sri Wahyuni Agustini di Olimpiade 2016. Sehingga, Windy menjadi atlet angkat besi wanita ketiga yang memberikan medali untuk Indonesia. 

1. Banjir Bonus sampai Miliaran

Mendapatkan perunggu membuat Windy dipastikan akan kebanjiran bonus. Dari pemerintah, peraih perunggu akan mendapatkan hadiah Rp1 miliar, dari pengusaha Gilang Widya Rp100 juta, Johnny G Plate juga akan menyampaikan akan memberikan bonus kepada atlet peraih perunggu.  

Windy Cantika bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Instagram)

Selain itu, ada kabar pemerintah Kabupaten Bandung juga akan memberikan bonus pada atlet asal Desa Malasari, Kecamatan Cimaung. "Pasti ada, anggarannya juga sudah disiapkan," kata Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna. Sehingga Jika diakumulasi, Windy bisa jadi "miliader" dengan bonus yang didapatkan dan bikin ngiler.    

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2010 seconds [12]