logo
Ragam Lainnya | Detail

5 Gerakan Olahraga untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Intan Rachmasari
Rabu, 03 Agustus 2022, 02:05 WIB
5 Gerakan Olahraga untuk Memperbaiki Postur Tubuh
Gerakan Roll Up (Foto:pilatesanytime.com)

JAKARTA - 5 gerakan olahraga untuk memperbaiki postur tubuh ternyata jadi informasi yang banyak dicari warganet. Karena selain baik untuk menjaga kesehatan, olahraga juga merupakan cara untuk memperbaiki postur tubuh seseorang.

Postur tubuh yang kurang baik tentu dapat menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan. Seseorang dengan postur tubuh yang bungkuk tidak jarang sering merasakan nyeri pada bagian punggung. 

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan memberikan informasi mengenai 5 gerakan olahraga untuk memperbaiki postur tubuh. Berikut informasinya;

Hari Yoga Internasional

5 Gerakan Olahraga untuk Memperbaiki Postur Tubuh

  1. Child Pose

Child Pose adalah salah satu gerakan olahraga yoga yang bisa memperbaiki postur tubuh. Gerakan ini bertujuan untuk perbaikan postur yang efektif dan juga memperpanjang serta meregangkan tulang rusuk, pinggul, dan paha belakang.

Gerakan ini juga  meredakan nyeri punggung dan leher bagian bawah. Child pose dapat dilakukan dengan cara :

  • Mulai dengan posisi berlutut di lantai dan jari-jari kaki menyentuh lantai.
  • Duduk di atas tumit dengan posisi lutut dibuka selebar pinggul.
  • Kemudian baringkan badan secara menelungkup di antara kedua paha.
  • Posisi tangan lurus disamping kepala.
  • Rasakan tarikan pada bagian punggung, leher dan lengan atas.
  • Tahan dari 30 detik hingga 3 menit.
  1. Roll - like - a - ball

Gerakan olahraga ini bermanfaat untuk menguatkan otot bagian tulang belakang. Otot bagian tulang belakang yang kuat akan memperbaiki postur tubuh yang awalnya kurang baik menjadi lebih baik. Roll-like-a-ball dapat dilakukan dengan cara:

  • Posisi awal adalah duduk dengan kedua kaki ditekuk.
  • Bawa tubuh untuk gerakan roll dengan memeluk kedua kaki.
  • Tahan gerakan ini saat posisi lutut di depan dada.
  • Tarik nafas dalam untuk beberapa saat.
  •  Lalu buang nafas dan gulingkan badan untuk kembali ke posisi awal.
 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1652 seconds [12]