F1 | Detail

5 Faktor Kesuksesan Pembalap F1 di Lintasan, Nomor 1 Kunci Keberhasilan Verstappen Kalahkan Hamilton

Admiraldy Eka Saputra
Kamis, 13 Januari 2022, 19:15 WIB
5 Faktor Kesuksesan Pembalap F1 di Lintasan, Nomor 1 Kunci Keberhasilan Verstappen Kalahkan Hamilton
Kru Red Bull Racing dengan sigap mengganti ban mobil Max Verstappen pada F1 GP AS 2021 (Foto: Reuters/Darron Cummings)

AJANG balap Formula One (F1) selalu menyajikan persaingan menarik dari banyak pembalap ternama. Musim lalu, Max Verstappen dari Red Bull Racing berduel ketat dengan Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) dalam perebutan gelar Juara Dunia.

Sedikit berbeda dengan ajang balap lain, banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembalap F1 di lintasan. Selain skill individu dari si pembalap itu sendiri, strategi khusus juga harus dipersiapkan tim.

Kali ini, Sportstars.id akan membahas mengenai lima faktor dibalik kesuksesan pembalap F1. Apa saja? berikut ulasannya.

5. Pemilihan Ban

Meski terdengar remeh, pemilihan ban pada mobil balap jadi faktor yang sangat mempengaruhi kecepatan pembalap di lintasan. Dilansir dari laman fastnlow, Race Strategist dari setiap tim bahkan sudah harus memikirkan pemilihan ban tiga bulan sebelum balapan berlangsung.

“Kami melakukan simulasi berbeda untuk melihat ban mana yang terbaik sesuai yang dibutuhkan saat itu, karena tergantung dari karakter trek, temperatur dan adanya potensi hujan," ujar uth Buscombe, senior strategy engineer dari tim F1 Alfa Romeo.

"Di sisi lain kami juga harus memperkirakan seberapa kompetitif. Jadi ini jelas sangat menentukan," pungkasnya.


4. Simulasi dan Taktik

Persaingan antar-pembalap di lintasan bukan hanya bicara tentang kecepatan. Lebih dari itu, strategi yang dipilih juga menjadi kunci kesuksesan untuk merebut podium tertinggi.

Tim peserta biasanya memanfaatkan sesi latihan bebas untuk menentukan taktik atau strategi apa yang akan mereka terapkan. “Free practice (latihan bebas) hari Jumat sangat penting bagi strategi kami karena ini kesempatan untuk memeriksa komponen yang kami pilih,"  jelas Daren Stanley, race strategist Carlos Sainz dari tim McLaren.

"Menjelang balapan kami melakukan semua skenario dan simulasi. Hal ini kami lakukan untuk merumuskan ekspektasi di akhir pekan,” tukasnya.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1154 seconds [13]