Liga Champions | Detail

5 Fakta Trofi Liga Champions, Sejarah dan Asal Muasal Lengkap

Sulthan Muafa
Senin, 30 Mei 2022, 17:00 WIB
5 Fakta Trofi Liga Champions, Sejarah dan Asal Muasal Lengkap
Trofi Liga Champions sebelumnya dikenal dengan nama European Cup (Reuters)

JAKARTA-Fakta trofi Liga Champions coba dibahas kali ini. Karena kompetisi ini merupakan salah satu turnamen paling populer di Eropa dan dunia. Kompetisi sarat gengsi selalu dihadirkan oleh tim terkuat Eropa demi meraih posisi juara.

Dibalik kemeriahan kompetisi Liga Champions, terdapat sejumlah fakta menarik yang seru di dalamnya. Lantas apa sajakah isinya? Berikut Sportstars akan merangkumnya di bawah ini;

Deretan Fakta Trofi Liga Champions

5. Trofi Liga Champions diketahui menelan biaya mencapai sebesar 10.000 swiss franc. Di samping itu piala tersebut dibuat sedemikian istimewanya oleh perancang desainnya yakni Jorg Stadelmann. 

Dengan ukuran tinggi dari trofi Liga Champions sekitar 73,5 cm. Sedangkan beratnya mencapai sebesar 7,5 kg.

4. Sebelum dikenal luas oleh jagat sepakbola dengan nama Liga Champions UEFA atau singkatannya UCL. Sebutan dari kompetisi bergengsi tersebut dikenal dengan istilah European Cup. 

Untuk pertama kalinya piala itu diraih oleh L'Equipe, melalui surat kabar olahraga dari Prancis.

3. Berbeda dari lainnya, trofi Liga Champions memiliki ciri khas tersendiri dari segi keunikannya. Berbagai julukannya adalah “Trofi Si Kuping Besar”, dalam versi Prancis “La Coupe aux Grandes” serta versi bahasa Spanyol disebut “La Orejona”

2. Berdasarkan berbagai macam sumber, ada sekitar lima klub sepakbola yang mampu menyimpan piala Liga Champions aslinya. Di antaranya adalah Real Madrid, AC Milan, Bayern Munchen, AFC Ajax serta Liverpool. 

Hal ini disebabkan karena mereka telah berhasil mengemas lima kali ataupun tiga kali berturut-turut. Sehingga klub tersebut diperbolehkan menyimpan gelar piala aslinya.

1. Piala Liga Champions tahun ini pun hasil desain yang keenam yang telah diperbarui sedemikian apiknya sejak 2006 silam. Usai kala itu pada 2005 Liverpool sebagai kontestan terakhir yang memenangkan Piala European Cup kelimanya.

Demikian pembahasan mengenai fakta Liga Champions. Semoga bermanfaat bagi para pembaca 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1460 seconds [13]