logo
Bola Lainnya | Detail

Ini 5 Fakta Menarik Stadion Lusail, Saksi Lahirnya Juara Piala Dunia 2022

Intan Rachmasari
Selasa, 20 September 2022, 16:20 WIB
Ini 5 Fakta Menarik Stadion Lusail, Saksi Lahirnya Juara Piala Dunia 2022
Lusail Iconic Stadium menjadi salah satu venue laga Piala Dunia 2022 (Foto: stadiumdb)

JAKARTA - Setidaknya ada 5 fakta menarik Stadion Lusail yang memang menarik untuk diulas. Sebagai tuan rumah gelaran sepak bola paling bergengsi Piala Dunia 2022, Qatar sudah menyiapkan 8 stadion megah sebagai venue pertandingan. 

Stadion Lusail adalah satu dari delapan stadion stadion yang digunakan untuk menyambut Piala Dunia 2022. Stadion ini nantinya digunakan sebagai venue laga final, sehingga akan menjadi saksi lahirnya negara juara Piala Dunia yang baru. 

Namun tidak banyak yang mengetahui, ternyata Stadion Lusail menyimpan fakta menarik di dalamnya. Lantas apa saja fakta menariknya? Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas informasinya; 

Fakta Menarik Stadion Lusail

  1. Venue Laga Final Piala Dunia 2022

Perlu diketahui bahwa Stadion Lusail akan menjamu enam pertandingan penyisihan grup. Tak hanya itu, stadion Lusail juga  akan menjadi tempat berlangsungnya sistem gugur di babak 16 besar, perempat final, semifinal dan final.

Laga pertama yang akan tampil di Stadion Lusail adalah pertandingan grup C antara Timnas Argentina dan Timnas Arab Saudi pada 22 November 2022.

  1. Desain Futuristik 

Stadion Lusail

Stadion ini dirancang oleh Foster + Partners untuk Panitia Lelang Piala Dunia 2022, dan saat ini Stadion Lusail berdiri megah dengan desain yang sangat futuristik. Desain tersebut diresmikan pada konferensi Leaders in Football di London, Inggris pada Oktober 2010. 

Dibalik desainnya yang futuristik dengan warna emas dan dilengkapi dekorasi ukiran yang rumit,  ternyata ada filosofi menarik di baliknya. Desain ini mencerminkan ciri khas zaman keemasan seni serta keahlian di dunia Arab dan Islam.

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1577 seconds [12]