Tim Nasional | Detail

5 Fakta Menarik Emil Audero Mulyadi, Calon Kiper Timnas Indonesia Bernilai Rp 320 Miliar

Furqon Al Fauzi
Kamis, 25 November 2021, 10:11 WIB
5 Fakta Menarik Emil Audero Mulyadi, Calon Kiper Timnas Indonesia Bernilai Rp 320 Miliar
Emil Audero saat menghalau penalti Edin Dzeko (Foto: Instagram Emil Audero)

FEDERASI Sepak Bola Indonesia (PSSI) dikabarkan tengah mengkaji kemungkinan untuk memanggil kiper Sampdoria Emil Audero Mulyadi ke Timnas Indonesia

Sang penjaga gawang klub Italia itu diketahui memiliki garis keturunan Indonesia. Pria kelahiran Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu memiliki Ibu asal Italia bernama Antonella Audero. 

Sementara ayahnya berasal dari Indonesia yang bernama Edy Mulyadi. Emil Audero lahir pada 1997. Setahun setelahnya, Audero pindah ke kampung halaman ibunya di Cumiana, Italia. 

Kondisi ini membuatnya bisa memilih untuk memperkuat Timnas Italia ataupun Timnas Indonesia. Berikut fakta menarik dari calon penjaga gawang timnas Indonesia Emil Audero Mulyadi yang dirangkum sporstars.id:

5. Latihan Bersama Gianlugi Buffon

Emil Audero Latihan Bersama Buffon (Foto: Instagram Emil Audero)


Emil Audero Mulyadi sempat digadang sebagai calon penerus Gianluigi Buffon di Juventus. Perkembangannya sebagai kiper muda saat itu di Juventus membuat Emil Audero sempat mencicipi promosi ke tim utama.

Progres pemuda asal Mataram tersebut tak lepas dari seringnya Emil Audero berlatih bersama salah satu penjaga gawang terbaik dunia tersebut. Emil Audero sempat menjadi penjaga gawang Juventus pada musim 2016/2017.

Emil Audero bahkan turut dibawa Juventus saat melakoni tur Asia salah satunya ke Indonesia pada 2014 lalu. 

 

4. Debut di Skuad Utama Juventus
Satu hal yang membangakan adalah fakta bahwa setidaknya ada satu pemain berdarah Indonesia yang pernah bermain untuk tim sebesar Juventus.

Ya meski tidak banyak, Emil Audero tercatat pernah melakoni debut bersama skuad utama Juventus di ajang Serie A Liga Italia. Emil Audero bahkan diberikan kepercayaan tampil selama 90 menit saat Juventus menghadapi Bologna pada 27 Mei 2017.

Emil Audero Mulyadi

Saat itu debut Emil Audero di Serie A Italia terbilang manis. Juventus yang dibelanya berhasil meraih kemenangan pada laga pekan terakhir kontra Bologna dengan skor 2-1. 

3. Andalan di Timnas Usia Muda Italia
Italia memang bisa dibilang gudangnya Portierre alias penjaga gawang terbaik di dunia. Itu mengapa Emil Audero masih kesulitan untuk menembus skuad senior Timnas Italia meskipun langganan kiper utama di semua kategori usia sejak U-15 hingga U-21.

Emil Audero Timnas Italia (Foto: Instagram Emil Audero)

Audero pertama kali masuk ke timnas usia muda Italia U-15 pada 2012. Emil Audero Mulyadi debut di timnas tersebut padsa 21 Februari 2021 melawan Belgia U-15 yang dimenangkan dengan skor telak 4-0.

Emil Audero kemudian terus dipercaya di timnas U-16,U-17, U-18, U-19, U-20, dan U-21. Tinggal menunggu kapan waktunya dia dipanggil Roberto Mancini ke timnas Italia senior.

2. Pernah Menolak Timnas Indonesia

Emil Audero diketahui pernah menolak bermain untuk Timnas Indonesia. 
Tawaran itu datang ketika Emil Audero berstatus kiper ketiga Juventus pada 2016 dan PSSI dipimpin oleh Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi bahkan geram dengan penolakan yang dilontarkan Emil dan menganggapnya tidak nasionalis. 

Emil Audero menolak panggilan Timnas Indonesia karena melihat dirinya memiliki kesempatan membela Timnas senior Italia. Terlebih Emil Audero sudah membela tim kelompok umur Italia yang terbentang dari U-15 hingga U-21.

Meski begitu, Emil tak sepenuhnya menolak tanah leluhurnya. Pada 2019 Emil Audero sempat pulang ke NTB dan berlibur ke Lombok. 

"Dalam dua tahun terakhir saya menghabiskan liburan di Indonesia," ujar Emil dikutip dari La Gazetta dello Sport pada 2019.

"Saya menyukai tanah di sana. Ayah saya adalah warga Indonesia, saya lahir di sana, dan kami punya beberapa saudara. Dan pantai di sana (Lombok) juga sangat indah tentunya,"Emil menambahkan.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2231 seconds [13]