logo
Liga Indonesia | Detail

5 Fakta Laga Arema FC vs PSIS, Nomor Satu Jadi Penentu Kemenangan Dramatis

Avirista Midaada
Minggu, 31 Juli 2022, 05:59 WIB
5 Fakta Laga Arema FC vs PSIS, Nomor Satu Jadi Penentu Kemenangan Dramatis
Arema FC vs PSIS Semarang di Liga 1 2022-2023 (Foto: Avirista Midaada/MPI)

MALANG - Arema FC harus bersusah payah menaklukkan tamunya PSIS Semarang di pekan kedua Liga 1 2022-2023. Dua gol telat Singo Edan, julukan Arema FC membalikkan keunggulan setelah sempat tertinggal 0-1 dari PSIS.

Di balik kemenangan dramatis itu, ada beberapa fakta menarik di  pertandingan pekan kedua Liga 1 antara Arema FC vs PSIS yang dirangkum MNC Portal Indonesia:

5. Penonton Tampak Sepi

Kendati digelar di malam hari libur tepatnya pada Sabtu malam (30/7/2022), jumlah penonton yang hadir di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, tak terlalu banyak. Bahkan dibanding lagi semifinal Piala Presiden saat melawan tim yang sama PSIS Semarang, jumlah ini masih kalah jauh.

Pada pertandingan ini penonton tampak tak penuh, tribune utara dan selatan sisi tenggara terlihat kosong. Bahkan di luar stadion pukul 17.00 WIB, suasana masih tak seramai biasanya kendati pertandingan digelar di hari Sabtu malam.

Faktor perubahan waktu kick-off hingga dua kali disinyalir juga memengaruhi animo suporter. Sebagai informasi awalnya jadwal Arema FC vs PSIS Semarang diselenggarakan pada Sabtu sore pukul 16.00 WIB.  

Jadwal itu lantas berubah menjadi pukul 20.30 WIB dan terakhir menjadi pukul 18.15 WIB. Media Officer Arema FC Sudarmaji menyatakan, perubahan jadwal jam kick-off ini sesuai permintaan banyak pihak. Ia pun meminta maaf karena di tiket yang sudah tercetak beberapa hari sebelum pertandingan tertulis jadwal kick-off pukul 20.30 WIB.

"Karena masih fase adaptasi maka terjadi penyesuaian waktu kick off. Kami meminta maaf dan mohon pengertian Aremania, karena di tiket yang tercetak sudah tercantum pukul 20.30 WIB," ucap Sudarmaji beberapa hari lalu.

4. PSIS Tampilkan Strategi False Nine

Absennya Carlos Fortes membuat tim kebanggaan masyarakat Semarang ini memainkan formasi tak biasa. Jonathan Cantillana yang berposisi asli sebagai gelandang serang dimainkan sebagai penyerang.

Perannya didukung oleh Taisei Marukawa di sisi kiri dan Wawan Febrianto di sisi kanannya. Namun strategi ini hingga awal babak kedua pun tak berjalan mulus. Alhasil pelatih PSIS Sergio Alexandre pun mengembalikan posisi Cantillana dan memasukkan Hari Nur Yulianto sebagai target-man di pada menit 59.

Sergio mengakui bermain tanpa penyerang andalan Carlos Fortes amat menyulitkan timnya. Makanya dia sempat menempatkan Jonathan Cantillana di strategi false nine atau tanpa penyerang murni.

"Kita kehilangan Fortes pemain yang bagus, kita mencoba beberapa taktik yang lain dan itu butuh waktu, untuk kemudian menjadi sebuah rencana yang lebih baik. Kami berharap Fortes bisa kembali," ucap Sergio.

"Hari ini kami memainkan Jonathan Cantillana sebagai false nine, dia secara keseluruhan bermain tidak buruk, tapi memang secara unit memang belum padu, karena posisinya tidak disitu," imbuh pelatih asal Brasil ini.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1654 seconds [13]