Balap Lainnya | Detail

5 Fakta Insiden Unboxing Ducati di Sirkuit Mandalika yang Perlu Kamu Ketahui

Rifqi Herjoko
Jum'at, 12 November 2021, 12:30 WIB
5 Fakta Insiden Unboxing Ducati di Sirkuit Mandalika yang Perlu Kamu Ketahui
Seorang oknum membuka selubung motor milik Tim Aruba Racing di Sirkuit Mandalika (Foto: Instagram)

INSIDEN unboxing motor Ducati milik Tim Aruba Racing di Sirkuit Mandalika bikin heboh. Sebab, aksi ilegal tersebut mencoreng wajah Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Superbike 2021, 19-21 November mendatang. 

Reaksi dari berbagai pihak pun bermunculan, baik dari tim yang akan berlaga maupun penyelenggara balapan. Pada akhirnya, meminta maaf atas kelalaian yang terjadi di venue tersebut.

Lantas, apa saja fakta menarik yang terjadi pada insiden viral ini? Simak ulasan sportstars.id berikut ini, Jumat (12/11/2021). 

1. Pertama diungkap media asing

Kasus ini pertama kali diungkap oleh media Jerman, Speedweek. Salah satu korespondennya membocorkan video dan foto seseorang yang diduga panitia lokal Mandalika Grand Prix Association (MGPA) membuka secara ilegal boks kargo Ducati. 

Adapun motor bernomor 21 itu diketahui milik Michael Rinaldi. Sontak saja, publik Tanah Air serta internasional terkejut dengan kabar tersebut. Pasalnya, kargo hanya boleh dibuka oleh pihak Bea Cukai atau tim yang bersangkutan. 

MPGA bantah bongkar motor Ducati (Foto: MPGA)
MPGA bantah bongkar motor Ducati (Foto: MPGA)

2. Kritik dan Klarifikasi Ducati

Pihak Ducati disebut marah-marah dan mengeluhkan kejadian unboxing itu kepada WSBK. Bos Ducati Paolo Ciabatti dikabarkan sangat kecewa dengan insiden yang terjadi.

Akan tetapi, Ducati justru merilis klarifikasi atas peristiwa yang terjadi. Mereka malah mengaku sudah tidak sabar untuk mengaspal di Sirkuit Mandalika, terlepas dari peristiwa tersebut. 

“Bertentangan dengan apa yang dilaporkan oleh sejumlah media, Paolo Ciabatti dan Ducati Corse tak pernah membuat pernyataan apapun terkait acara (balapan) di Sirkuit Internasional Mandalika," bunyi pernyataan pihak Ducati, Jumat (12/11/2021). 

"Kami menantikan bertemu dengan semua fans Indonesia kami dan mengunjungi Indonesia untuk balapan World Superbike (WSBK) dan MotoGP tahun depan," tutup tim yang berbasis di Bologna, Italia, tersebut. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1224 seconds [12]