logo
Tim Nasional | Detail

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Piala Dunia

Wikku D. Nugroho
Rabu, 03 Agustus 2022, 19:45 WIB
5 Debutan Termuda dalam Sejarah Piala Dunia
Samuel Eto‘o merupakan salah satu pemain debutan termuda dalam sejarah Piala Dunia (Foto: FIFA).

JAKARTA-Debutan termuda dalam sejarah Piala Dunia menarik untuk diulas kali ini. Piala Dunia menjadi turnamen impian banyak pesepakbola di seluruh dunia. Mereka harus tampil apik untuk bisa masuk skuad Piala Dunia.

Sejauh ini, Piala Dunia juga menjadi ajang unjuk gigi para pesepakbola muda dunia. Mereka tak ingin kalah dengan para senior. Samuel Eto'o menjadi salah satu pesepakbola yang pernah tampil di Piala Dunia.

Selain dia, pesepakbola dunia mana lagi yang masuk daftar debutan termuda dalam sejarah Piala Dunia. Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkapnya;

Debutan Termuda dalam Sejarah Piala Dunia

  1. Norman Whiteside

Norman Whiteside (Sumber: Instagram)

Debutan termuda dalam sejarah Piala Dunia diawali dari nama pemain timnas Irlandia, Norman Whiteside. Dirinya pernah menjadi bagian skuad Irlandia Utara di Piala Dunia 1984.

Kala itu dirinya debut di usia yang sangat muda yakni 17 tahun 40 hari. Norman Whiteside berhasil membawa Irlandia Utara mencapai babak perempat final. Selain itu, ia juga menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk Manchester United di musim 1981-1982.

  1. Samuel Eto'o

Legenda Kamerun, Samuel Eto’o harus menerima nasib dihukum penjara selama 22 bulan. (FOTO: Daily Post Nigeria).

Selanjutnya ada nama legenda Kamerun, Samuel Eto'o. Dia mencatatkan usia termuda bermain di Piala Dunia 1998. Kala itu dirinya menjalani debut laga kontra Italia. Namun Kamerun harus mengakui keunggulan skuad Gli Azzuri dengan skor akhir 0-3.

Samuel Eto'o mencatatkan usia 17 tahun 98 hari di Piala Dunia 1998. Kini namanya masih bertengger sebagai pencetak gol terbanyak Kamerun. 

  1. Femi Opabunmi

Femi Opabunmi (Sumber: Instagram)

Femi Opabunmi menjadi pemain termuda Nigeria yang mencatatkan usia muda bermain di Piala Dunia 2002. Pemain muda Nigeria itu catatkan usia 17 tahun 100 hari kala menjalani laga kontra Inggris. Laga itu harus berakhir imbang tanpa gol.

Namun musibah menimpa dirinya di usia muda. Femi Opabunmi harus pensiun din dari sepak bola usai didiagnosa terkena penyakit mata glaukoma. 

  1. Salomon Olembe

Selain Samuel Eto'o, timnas Kamerun pernah memainkan pemain muda mereka, Salomon Olembe. Dirinya tampil untuk pertama kalinya di Piala Dunia 1998. Saat itu, Salomon olembe mencatatkan usia 17 tahun 184 hari. 

Selain itu, ia juga pernah bermain di laga kontra Inggris ketika menginjak usia 16 tahun.

  1. Pele

Pele masuk daftar eksekutor Eksekutor tendangan bebas terbaik di dunia. (Foto: Istimewa)

Siapa yang tidak kenal dengan legenda sepak bola Brasil, Pele. Dia berhasil membawa Brasil menjadi juara tiga kali Piala Dunia edisi 1958, 1962 dan 1970. Sebelumnya, Pele mencatatkan laga debut termudanya di usia 17 tahun 234 hari.

Dia menjalani laga debut kontra Uni Soviet di Piala Dunia 1958. Pele berhasil menorehkan satu assist di laga tersebut. Pele juga mencetak dua gol untuk kemenangan Brasil di partai final Piala Dunia 1958 kontra Swedia. 

Demikian informasi yang telah diulas Sportstars.id mengenai debutan termuda dalam sejarah Piala Dunia. Menarik untuk ditunggu pemain muda mana lagi yang akan mencatatkan debutnya bermain di Piala Dunia 2022 besok. 


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2355 seconds [13]