logo
Hobi | Detail

5 Contoh Latihan Koordinasi untuk Meningkatkan Kekuatan Otot

Tim Sportstars
Senin, 19 September 2022, 16:42 WIB
5 Contoh Latihan Koordinasi untuk Meningkatkan Kekuatan Otot
Squat termasuk contoh latihan koordinasi untuk meningkatkan kekuatan otot (Foto: Beauty Journal)

JAKARTA - Contoh latihan koordinasi untuk meningkatkan kekuatan otot, tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. Memiliki tubuh yang bugar dan sehat menjadi impian. Gerakan koordinasi merupakan kemampuan seseorang, untuk mengkoordinasikan gerak tubuh yang berbeda-beda menjadi kesatuan pola gerakan yang harmonis.

Manfaat dari latihan koordinasi tentunya untuk meningkatkan kekuatan otot,melatih konsentrasi, melatih pernafasan,serta menjaga keseimbangan tubuh agar tetap sehat. Dalam latihan koordinasi memerlukan gerakan keseimbangan serta kelincahan. Mari simak penjelasan contoh latihan koordinasi dibawah ini.

Berikut 5 Contoh Latihan Koordinasi untuk Meningkatkan Kekuatan Otot

Gerakan koordinasi bisa membentuk kelenturan dan kelentukan tubuh. Gerakan koordinasi harus dilakukan dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Lompat Tali

Gerakan lompat tali bisa meningkatkan kekuatan otot serta melatih koordinasi tubuh. Latihan lompat tali dapat melatih keseimbangan tubuh dengan lompatan. Bentuk koordinasi yang terjadi pada lompat tali terbentuk di kekuatan otot kaki dan mata, supaya tetap fokus saat melakukan gerakan.

  1. Berenang

Gerakan berenang melatih koordinasi gerakan tangan, kaki, pinggang, dan mata tujuannya untuk melatih kekuatan otot, serta melatih konsentrasi saat berada didalam air.

Cara mengambil nafas dalam renang gaya dada (Foto: REUTERS)

  1. Squat

Salah satu latihan gerak dengan gaya jongkok dan berdiri. Latihan squat dapat meningkatkan kekuatan otot pinggang. Manfaat squat dapat membakar kalori,mengencangkan otot, melatih kelenturan dan kelentukan otot, membentuk postur tubuh ideal, dan mengurangi risiko cedera.

  1. Bersepeda

Bersepeda secara rutin bisa meningkatkan kekuatan otot. Saat bersepeda otot kaki dan lengan sangat berpengaruh untuk mempertahankan keseimbangan tubuh.  Manfaat lainnya bisa membakar kalori serta meningkatkan kebugaran tubuh.
 

  1. Senam

Gerakan senam selain melatih koordinasi gerakan tubuh. Senam memiliki banyak gerakan, mulai dari gerakan dasar hingga gerakan kombinasi. Perpaduan dari gerakan tersebut munculnya manfaat dari senam yaitu memperkuat otot, melatih kelincahan, melatih keseimbangan, dan sebagainya.

 Senam Ritmik, Antara Kesempurnaan Gerak dan Warna-warni Ceria Busana

Demikian informasi yang telah Sportstars rangkum tentang 5 contoh latihan koordinasi untuk meningkatkan kekuatan otot. Semoga bermanfaat bagi pembaca. (Adi Sekararum Destiani)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1669 seconds [13]