logo
Ragam Lainnya | Detail

5 Cara Menghasilkan Lompatan yang Jauh

Intan Rachmasari
Rabu, 24 Agustus 2022, 17:43 WIB
5 Cara Menghasilkan Lompatan yang Jauh
Atlet lompat jauh (Foto: REUTERS)

JAKARTA -  5 cara menghasilkan lompatan yang jauh dapat dilakukan dengan beberapa cara untuk memaksimalkan lompatan. Terlihat sederhana, tapi ternyata banyak yang orang yang tidak bisa menghasilkan lompatan yang jauh.

Lompat jauh adalah suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.

Demi menghasilkan lompatan yang jauh, seseorang harus menguasai teknik dengan baik. Untuk lebih jelasnya, Sportstars.id akan mengulas 5 cara menghasilkan lompatan yang jauh. Berikut informasinya; 

Maria Natalia Londa Bawa Emas Untuk Bali di Cabor Lompat Jauh

5 cara Menghasilkan Lompatan yang Jauh

  1. Berlatih Awalan (Approach) 

Berlatih awalan atau approach menjadi salah satu cara untuk menghasilkan lompatan yang jauh. Pada latihan ini seseorang akan melatih kecepatan larinya hingga mencapai titik yang menjadi tumpuannya untuk melakukan lompatan. 

Saat melakukan latihan approach, seseorang melakukan posisi awalan untuk bersiap sebelum mulai berlari. Dalam langkah awal bisa dilakukan lari dengan tempo yang sedang, saat mendekati titik tumpuan coba percepat lari untuk menambah daya pada saat melakukan lompatan. 

Rutin berlatih akan membuat lompatan seseorang jauh lebih berkualitas dan dapat menghasilkan lompatan yang semakin jauh setiap harinya. 

  1. Berlatih Lompatan Secara Berulang

Setelah sebelumnya berlatih lompatan dengan menggunakan titik tumpu, kali ini perlu dilakukan latihan lompatan tanpa menggunakan tumpuan. Hal ini berguna untuk melemaskan kaki untuk meraih jarak lompatan yang cukup jauh. 

Latihan ini dilakukan seperti melakukan lompatan biasa, yaitu posisi badan sedikit membungkuk dengan kedua lutut sedikit ditekuk, kemudian lakukan lompatan dengan mengangkat kedua tangan ke arah belakang. Lalu condongkan badan ke arah depan dan lakukan lompatan.

Saat berada di atas, angkat tangan lurus di atas kepala, kemudian lakukan pendaratan dengan badan condong kedepan dengan posisi lutut sedikit ditekuk. 

Lakukan latihan lompatan ini secara berulang dan tidak lupa untuk mengukur setiap jarak lompatan untuk dijadikan perbandingan.

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1744 seconds [13]