Ragam Lainnya | Detail

5 Cara Melakukan Squat Jump Beserta Manfaatnya Bagi Atlet

Tim Sportstars
Rabu, 11 Mei 2022, 12:24 WIB
5 Cara Melakukan Squat Jump Beserta Manfaatnya Bagi Atlet
Salah satu latihan untuk meningkatkan kelincahan dengan squat jump

JAKARTA-Cara melakukan squat jump atau lompat jongkok harus betul-beul dipahami karena ini merupakan latihan untuk seluruh tubuh yang manfaat khususnya akan memperkuat kaki dan tubuh inti. Gerakan jongkok akan fokus pada pengembangan otot paha depan dan betis, sementara lompatan menambahkan porsi kardio pada latihan kekuatan. 

Squat jump merupakan salah satu jenis olahraga yang mudah untuk dilakukan, karena untuk mempraktekannya tidak membutuhkan alat apapun sehingga bisa dilakukan sendiri di rumah. Olahraga ini dapat dimasukkan dalam salah satu menu olahraga praktis untuk menjaga kebugaran tubuh. Bagi generasi muda disarankan rutin melakukan latihan ini agar menjaga kekuatan otot tubuh bagian bawah. 

Cara Melakukan Squat Jump

  • Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk.

  • Tekuk lutut dan turunkan ke posisi jongkok penuh.

  • Melatih paha depan, bokong, dan paha belakang dengan mendorong tubuh ke atas dan ke bawah lantai, memanjang melalui kaki. Saat kaki terentang penuh, kaki akan berada beberapa inci (atau lebih) dari lantai.

  • Lakukan lompatan eksplosif lainnya dengan menyilangkan kaki (jari kaki, bola, lengkungan, tumit) dan jongkok lagi, kemudian kendalikan pendaratan.

  • Ulangi lompatan berikutnya segera setelah mendarat.

Manfaat Melakukan Squat Jump

Latihan ini melatih tubuh bagian bawah dan otot inti seperti perut, bokong, paha belakang, dan punggung bawah. Squat jump merupakan latihan yang hanya dapat meningkatkan daya ledak dengan berat badan seorang atlet, dan menempati urutan teratas. Orang-orang yang berpartisipasi dalam kegiatan yang membutuhkan banyak lari cepat, seperti sepak bola, trek dan lapangan, bola kasti, harus melakukan latihan plyometric.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa latihan squat jump atau lompat jongkok dapat meningkatkan kinerja sprint karena semuanya membutuhkan kekuatan otot yang eksplosif. Hal ini juga baik untuk anak di bawah 5 tahun, karena dapat membantu mengembangkan keseimbangan dan kelincahan, serta berlari dan menendang.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1250 seconds [12]