logo
Hobi | Detail

5 Cara Melakukan Lompat Jangkit yang Tepat Agar Terhindar dari Cedera

Tim Sportstars
Kamis, 21 Juli 2022, 15:39 WIB
5 Cara Melakukan Lompat Jangkit yang Tepat Agar Terhindar dari Cedera
Cara melakukan lompat jangkit harus dipelajari dengan benar. (Foto: Twitter @@Utah_trackfield)

JAKARTA - Teknik atau cara melakukan lompat jangkit akan dibahas dalam artikel ini. Lompat jangkit merupakan olahraga melompat yang dilakukan dengan rangkaian jalan jingkat, langkah, dan lompat.

Lompat jangkit bermanfaat untuk menguatkan otot kaki dan tubuh bagian bawah. Selain itu, jenis olahraga ini juga cocok untuk melatih fokus dan keseimbangan tubuh.

Berikut 5 Cara Melakukan Lompat Jangkit

Ukuran lapangan lompat jangkit dan gambar lengkapnya (Foto: Istimewa)

1. Awalan (Approach Run)

Pada fase awalan atau approach run, posisi tubuh harus berada dalam keadaan berdiri tegak dengan salah satu kaki diarahkan ke depan.
Setelah itu, arahkan pandangan ke depan dan usahakan harus terus fokus guna mengambil langkah yang cukup sederhana.

2. Jingkat (Hop)

Fase jingkat merupakan teknik lompatan pertama yang dilakukan dalam olahraga lompat jangkit dengan menggunakan kaki terkuat sebagai tolakan.

Saat mendarat, gunakan kaki yang sama agar menghasilkan jarak lompatan yang jauh pada fase selanjutnya.

3. Langkah (Step)

Fase langkah atau step merupakan tolakan kedua setelah fase jingkat dengan menggunakan kaki yang sama seperti saat melakukan tolakan pertama.

Caranya dengan mengayunkan salah satu kaki sekuat mungkin dari belakang menuju depan bersamaan dengan kaki terkuat yang ditolakkan ke atas dan depan.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2325 seconds [13]